Hobi dan Blog : Manfaat Menulis di Blog, Yuk Nulis !

Salam sehat dan bahagia selalu ya untuk bestie duedewi.

Berbicara masalah hobi pasti tidak lepas dari sesuatu yang kita lakukan setiap hari. Hobi merupakan kesenangan yang kita lakukan di waktu senggang, hal ini bukan menjadi kegiatan/pekerjaan utama kita ya. Setiap individu pasti memiliki ketertarikan tersendiri untuk melakukan aktivitas yang bermanfaat dan menyenangkan.

Jika ada pertanyaan hobi kamu apa? Tentunya setiap orang memiliki hobi yang berbeda-beda, tergantung dari ketertarikan individu. Seperti halnya saya, jika ditanya hobi kamu apa? Hobi saya adalah membaca dan menulis. Namun jika diminta untuk menyebutkan satu hobi, saya akan mejawab hobi saya adalah menulis.  Yups, tentu saya akan memilih hobi menulis karena dengan menulis kita sudah melakukan aktivitas lainnya yang mendukung kegiatan menulis tersebut, salah satunya yaitu membaca. Membaca merupakan serangkaian dari kegiatan menulis, jadi kalau kita menulis otomatis juga membaca. Bagi saya menulis itu adalah kegiatan candu. Entah mulai dari mana hobi ini mulai muncul, yang pasti bermula dari saya bisa membaca dan menulis dengan lancar ketika memasuki bangku SD. Saya mulai gemar menulis buku diary yang berisi tentang aktivitas curhatan anak SD pada jamannya. Hobi tersebut mendorong saya untuk mengoleksi bermacam-macam buku diary, pun berlangganan majalah Bobo. 

Selain menulis buku diary, saya juga sering membuat puisi di buku khusus puisi kemudian menggambar ilustrasi puisi tersebut disamping tulisan puisi. Sayang sekali buku puisi itu sudah hilang entah kemana semenjak pindah rumah. Selain menulis puisi saya juga suka menggambar. Kesenangan pada seni tersebut mengantarkan saya untuk beberapa kali mendapatkan kesempatan untuk mengikuti lomba, seperti lomba menggambar, menulis puisi dan cerpen pada tingkat SD-SMP. Alhamdulillah diwaktu SMA juga menjadi salah satu murid kebanggaan guru seni, ya meskipun masih banyak lukisan yang lebih baik daripada goresan tangan saya tapi lumayan lah hehe. Entah darah seni dari mana yang mengalir ke tubuh saya, karena dari garis keturunan terdekat tidak ada yang terjun dalam profesi seni.

Menulis Menjadi Sebuah Habit

Gambar : pinterest.com

Sampai pada akhirnya, waktu SMA saya mencoba menulis puisi dan cerpen dengan sedikit serius, yaitu melakukan riset sederhana yang saya sebar ke teman sekelas, kemudian menuangkan ide berdasarkan hasil survei dan meng-upload di website pribadi (pada saat itu bukan ini websitenya). Namun sejalan dengan kesibukan anak SMA yang kala itu aktif mengikuti kegiatan organisasi sekolah, hobi menulis ini pun semakin jarang saya lakukan. Nah, ketika memasuki masa kuliah di Solo, ternyata hal ini mengantarkan saya untuk menggeluti dunia kepenulisan lagi. Bagi saya menulis kala itu untuk hobi saja, karena namanya mahasiswa pasti disibukkan dengan tugas dan organisasi kampus, apalagi saat itu saya juga kuliah sambil bekerja.  Hasilnya tulisan di blog jadi timbul dan tenggelam.

Sampai pada akhirnya hobi ini tersalurkan kembali, ya saya mulai aktif menulis lagi setelah pindah ke kota kelahiran yaitu Madiun (menikah dan mengikuti suami). Saat itu masa pandemi, pemerintah menerapkan social distancing yang bahkan bisa memporak-porandakan mental orang, terutama bagi seorang yang cenderung ekstovert seperti saya ini. Sulitnya bertemu dengan teman, berkumpul, bercanda merupakan hal yang membosankan. Segala aktivitas di luar rumah dibatasi untuk memutus rantai penyebaran virus corona-19. Padahal bagi saya sharing dengan teman merupakan salah satu self healing yang menyenangkan. Saya pun belum bisa bekerja karena keadaan yang tidak memungkinkan dan pada akhirnya mencoba bangkit menemukan self healing dengan cara mulai aktif menulis pun mengikuti komunitas dan kelas-kelas menulis.

Manfaat Menulis di Blog

Saya menemukan solusi dari keresahan tersebut dengan mulai mengaktifkan hobi dan habit menulis. Walaupun awalnya hanya mengisi waktu senggang saja namun pada akhirnya menjadi obat diri. Mulai aktif belajar nge-blog, banyak belajar dari teman-teman blogger serta mengikuti komunitas-komunitas menulis blog. Banyak inspirasi yang datang dari teman-teman online tersebut.

Mulai membuka wawasan dan melihat peluang dan manfaat dari menulis di blog, menyadari bahwa blog adalah wadah yang tepat berbagi informasi secara online. Agar diri tetap aktif menulis maka sebisa mungkin harus menuangkan ide dan gagassan setiap hari. Dampaknya, tentu pengetahuan yang dimiliki akan terus berkembang.

Banyak sekali manfaat dari nge-blog yang saya dapatkan, diantaranya:

  • Mengasah kemampuan menulis. Jika setiap hari kita menulis, maka semakin terasah kemampuan menulis yang kita miliki. Hal ini akan memudahkan kita dalam merangkai kata-kata dan tentukan akan memupuk pengetahuan yang dimiliki diri.
  • Self healing - menulis untuk menyembuhkan diri. Bagi saya menulis itu bisa mencurahkan ide-ide yang terpendam dalam otak. Saya menemukan wadah berkreasi dan beraktualisasi. Media blog ini telah banyak membantu saya selain berkreativitas juga bisa saling sharing informasi yang bermanfaat bagi pembaca.
  • Menolak pikun. Menolak pikun menjadi salah satu manfaat dari menulis. Ketika selesai membaca buku, saya selalu mengusahkan untuk menuangkan ide atau gagasan pribadi mengenai buku yang sudah saya baca tersebut dalam bentuk tulisan. Hal ini juga bermanfaat supaya kita tetap mengingat apa yang sudah kita baca. Kalaupun lupa kita bisa mengaktifkan ingatan tersebut dengan membaca tulisan itu kembali.
  • Gambar : pinterest.com
  • Sharing is caring. Berbagi informasi dan pengetahuan merupakan salah satu hal yang baik. Sedekah bisa dalam bentuk apapun, salah satu sedekah yang paling mudah adalah dengan menulis. Tulisan kita menjadi sumber pengetahuan bagi orang lain, hal ini termasuk sedekah ilmu yang kita berikan untuk orang lain. Jika tulisan kita bermanfaat untuk seseorang maka kita akan mendapat berkahnya juga kan.
Perlu diingat bahwa :
Sebaik-baiknya orang adalah orang yang bermanfaat untuk orang lain dan lingkungan sekitarnya.
  • No kudet, no gaptek. Orang yang suka menulis di blog pasti tidak gagap teknologi dan informasi. Misalnya jika ingin membahas topik tertentu tentunya kita akan melakukan search terlebih dahulu, membaca banyak artikel untuk memvalidasi informasi yang akan kita tulis dan publish. Pun bermain-main dengan blog akan mengasah keterampilan kita untuk tetap tanggap teknologi.
  • Bonus cuan. Awal menulis mungkin tujuan saya hanya untuk menyalurkan ide dan gagasan saja, cuan bukan merupakan faktor utama yang ingin saya dapatkan. Namun seiring berjalannya waktu, mulai enjoy menulis di blog dan mengikuti kompetisi-kompetisi, bonusnya memenangkan beberapa event dan challenge, tentunya dapat hadiah baik dalam bentuk uang maupun lainnya.
  • Nge-blog juga bisa digunakan sebagai media bisnis. Bisnis dalam dunia kepenulisan, misalnya membangun kerjasama dengan brand tertentu untuk mempromosikan produk baik berupa review maupun endorse.

Pertama dan utama "jangan takut untuk menulis" dan mem-publish hasil tulisan yang telah kita buat, jangan takut untuk dikritik karena kita membutuhkan sudut pandang orang lain untuk memperbaiki kualitas dari tulisan kita. 

Terima kritik yang membangun, buang kritikan yang menyebabkan mental turun. 

Bagi saya nge-blog itu keren, bagaimana dengan kamu? Yuk nulis...



Dewi Tinjung Sari
• Education • Authorship • Lifestyle • Seorang pebelajar yang memiliki hobi menulis. Penawaran kerjasama dan sejenisnya bisa menghubungi saya pada halaman contact. Terima Kasih.

Related Posts

Posting Komentar