There are many stories

"Think Positive and Positive Think Will Happen"



Tips Outfit Kondangan Hijab Simple "No Ribet-ribet Club"

Kondangan adalah salah satu acara penting yang harus kita hadiri apalagi kalau yang punya hajad adalah saudara, kerabat dekat, sahabat bahkan teman kerja. Sebagai kaum hawa pasti kita akan mempersiapkan kondangan tersebut dengan sebaik mungkin. Namanya juga perempuan pastinya lebih ribet daripada kaum adam yang mungkin hanya mempersiapkan dalam hitungan menit saja. Kalau perempuan biasanya harus mempersiapkan mulai dari outfit kondangan, aksesoris serta make up yang digunakan. Sebenarnya bukan sebuah keharusan tapi mau bagaimana lagi sudah menjadi fitrah dari perempuan yang memang lebih menyukai keindahan dan namanya juga acara kondangan, masak iya pakai busana seadanya "baju santai", hmm rasanya kurang menghormati tuan rumah ya. Setidaknya kita harus baik dalam berbusana karena "ajining rogo soko busono" yang memiliki makna bahwa harga diri atau kehormatan badan dilihat dari cara seseorang tersebut berbusana.

Perempuan itu adalah salah satu makhluk yang daya ingatnya sangat tajam namun juga adakalanya mereka juga sangat pelupa. Sangat pelupa seperti ini, sering sekali bilang "buat kondangan nanti pakai baju apa ya? Duh gak punya baju nih?". Ya kan lupa bilangnya gak punya baju, padahal tuh lihat satu lemari baju siapa? haha, siapa yang sering begini?. Hmm sebenarnya bukan lupa haha "masih aja pembelaan ya ini" tapi lebih ke bingung mau pakai baju yang mana. Sebagian perempuan mungkin merasa insecure kalau penampilannya to much atau mungkin terlalu simple. Hmmm ribet kan kalau sudah bingung?! Makanya yuk gak perlu dibuat bingung.


Pernahkah terbayangkan pergi ke kondangan tanpa ribet dan tentunya bebas bergerak???


Menurut saya, untuk memilih outfit kondangan harus saling sesuai antara busana, aksesoris baik sepatu, tas, ataupun aksesoris lainnya. Kunci on point dari penampilan adalah adanya eye catching sehingga enak dipandang, misal kita mau menonjolkan baju dari penampilan kita, maka usahakan aksesoris lain sesuai dan jangan sampai fokusnya kemana-mana karena aksesoris yang dipakai terlalu mencolok nanti to much cin malah dikira pengantinnya haha. Nah, yuk simak dulu tips outfit kondangan simple tapi tetep on point di bawah ini.


Tips outfit kondangan hijab simple dengan busana casual

  1. Sesuaikan busana dan hijab yang akan dipakai dengan bentuk/postur tubuh. Pilih model busana yang sesuai dengan bentuk badan. Hal tersebut sangat penting supaya match dengan tampilan busana yang kita kenakan. Misal memakai model dress atau pakaian potongan yang sudah disesuaikan dengan postur tubuh. Jangan lupa kenakan hijab dengan warna yang matching.
  2. Tentukan fokus "eye catching" dari penampilan. Fokus eye catching dari penampilan adalah hal apa yang akan kamu tonjolkan dari penampilanmu dan akan menjadi sesuatu hal yang menarik dan enak dilihat. Misal kamu memakai glamour dress atau berwarna mencolok sehingga orang lebih fokus ke dress yang kamu pakai.
  3. Tas yang sesuai dengan busana. Tas merupakan salah satu barang yang wajib dibawa saat acara kondangan. Memilih tas juga harus disesuaikan dengan busana yang dikenakan, misal busana yang dikenakan sedikit glamour jangan memakai tas yang besar dengan warna mencolok. Cukup memakai tas kecil yang bisa memuat barang seperti handphone, dompet dan alat make up kecil. Namun apabila busana yang dikenakan simple maka pilih tas yang lebih kelihatan seperti sling bag dan jangan memakai tas ukuran besar, karena ingat barang yang dibawa bukan laptop atau notebook ya. Warna tas juga bisa disesuaikan, tidak harus sama namun memiliki warna yang sepadan atau netral.
  4. Sepatu yang nyaman dan cocok. Tidak lengkap rasanya penampilan kondangan tanpa adanya sepatu. Pilih sepatu yang tentunya nyaman digunakan, tidak harus sepatu dengan heels bisa flat shoes, wedges bahkan sneakers. Namun tetap sesuaikan dengan busana, jadi mix and macth tetap diperhatikan. Walaupun akan tampil casual tapi  jangan sampai memakai sandal japit ke kondangan ya, tidak mau kan dikira salah kostum haha.
  5. Aksesoris secukupnya. Gunakan aksesoris sewajarnya saja, misal jam tangan, ikat pinggang, bross dan sebagainya. Dan selalu ingat jangan berlebihan :

Rasulullah pernah bersabda: "Sebaik-baik urusan ialah yang dilakukan dengan biasa-biasa atau sedang-sedang saja, sekalipun itu sedikit".
         Nah, bisa disimpulkan jadi :
"Meskipun dalam hal kebaikan, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Karena baik dan buruk nya segala sesuatu tidak ditunjukkan dengan hal yang berlebihan namun sewajarnya" #kutipanduedewi.


Seperti outfit hijab di bawah ini bisa digunakan sebagai referensi busana pergi kondangan yang "simple" tidak berlebihan dan bebas gerak ke kondangan.


Untuk detailnya sebagai berikut :


Penampilan yang simple dan casual, kalian bisa memilih potongan busana dengan atasan long tunic. Fokus eye catching adalah long tunic dengan warna yang lebih gelap yaitu navy. Agar lebih bebas bergerak, maka long tunic tersebut dipadukan dengan rok prisket berwana terang "mocca". Mungkin warna nya bukan sepadan tapi warna apapun jika dipadukan dengan warna gelap maka tetap matching. Karena tunik tanpa motif dan bordir maka bisa ditambahkan aksesoris belt warna gelap agar memberi kesan cantik pada busana yang dipakai dan tenang hal ini masih aman tidak terkesan ramai. Ukuran tas yang kecil sling bag cukup untuk memuat handphone dan dompet. Padukan dengan cone heels "black" yang menambah kesan feminim pada penampilan, untuk kesan elegant jangan lupa memakai jam tangan gelap atau bisa juga ditambah dengan aksesoris gelang kecil.

Nah itu dia beberapa tips outfit kondangan simple dengan busana casual. Semoga tips sederhana ini bisa menjadi referensimu pergi ke kondangan No Ribet-ribet Club! 

Semoga bermanfaat...


Posting Komentar

4 Komentar

  1. Bermanfaat sekali kak...makash kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama ka, terima kasih telah berkunjung :)

      Hapus
  2. Tulisan yang sangat menarik. Semangat berkarya.

    BalasHapus
  3. Sangat inspiratif,, terima kasih tips nya kak :)

    BalasHapus