Resensi Novel "Dunia Anna" by Jostein Gaarder (Penulis Bestseller Dunia Sophie)

 

IDENTITAS BUKU

INTISARI/ SINOPSIS BUKU

Fokus cerita untuk melestarikan lingkungan, lebih menekankan pada permasalahan pemanasan global dan perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia yang serakah, menggunakan energi dengan boros tanpa memikirkan generasi selanjutnya. Anna yang bermimpi bertemu cicitnya bernama Nova, yang menuntutnya mengembalikan bumi seperti sedia kala.
Semua orang pernah bermimpi, namun tidak semua orang bisa mengingat mimpi-mimpinya, hanya orang yang dengan imajinasi tinggi yang mampu mengingat mimpi-mimpinya.
  1. Naik Kereta Salju. Dunia mulai mengalami kerusakan akibat ulah manusia itu sendiri “global warming” sehingga menyebabkan es di kutub mencair dan salju tidak turun. Dampaknya semakin lama akan terjadi kepunahan di habitat kehidupan yang tidak bisa bertahan. Hal tersebut merupakan kecemasan Anna terhadap perubahan bumi.
  2. Dokter Benjamin. Dokter psikiater Anna, yang berkata bahwa Anna sebenarnya tidak sakit. Namun dia memiliki kemampuan unik untuk membayangkan diri dalam berbagai situasi yang tidak pernah dialami sendiri “fantasi”. Anna juga percaya dengan imajinasinya tersebut. Anna mengaku ketakutannya akan pemanasan global. Anna khawatir akan perubahan iklim yang diakibatkan ulah manusia dan takut jika manusia hidup saat ini dengan mempertaruhkan iklim dan lingkungan bumi ini tanpa mempedulikan generasi selanjutnya (keresahan Anna mengenai bumi yang mengalami kerusakan tersebut adalah sesuatu hal yang tidak bisa disembuhkan oleh dokter Benjamin).
  3. Terminal. Menjadi Nova, mengamati bumi yang semakin kehilangan flora dan fauna langka (Nova yang melihat rekaman nenek buyutnya, Olla/Anna). Nova menerima surat dari nenek Olla pada 12.12.12
  4. Cahaya Biru. Cahaya biru yang dinyalakan Mobil darurat yang menandakan adanya kecelakaan di depan rumahnya.
  5. Nenek Buyut. Cincin ruby yang dikenalkan Olla/ Anna si nenek buyut Nova memiliki kekuatan magis. Nova meminta neneknya untuk mengembalikan flora dan fauna yang mengalami kepunahan, mengembalikan iklim dan kondisi alam seperti sedia kala. Kemudian Olla menyanggupinya namun meminta Nova untuk menjaganya ketika dia sudah berusaha untuk menjaga di waktu Olla berusia 16 tahun seumuran Nova.
  6. Kotak Merah. Anna terbangun dari mimpinya yang berada di masa depan. Pada mimpi Anna menjadi cicitnya, dan lewat sudut pandang cicitnya itu dia memandang dirinya sendiri sebagai nenek buyut tua. Mimpi seakan nyata dan Anna diberikan kesempatan kedua untuk merawat dunia (bumi diberi kesempatan kedua) untuk kembali indah. Nova menemukan tulisan di halaman 62, 64, 66 dari kotak merah. Dia merasa kasihan pada generasi mendatang yang harus berusaha bertahan hidup akibat keegoisan dan kesembronoan generasi sebelumnya.
  7. Payung. Pom bensin kini menjadi tempat persinggahan, kala itu Nova dan beberapa orang Arab singgah di tempat itu karena hujan, dan Nova pun memakai payung besar tersebut.
  8. Minyak Bumi. Minyak bumi yang digunakan secara boros oleh manusia sehingga menjadikan manusia sebagai “budak energi” yang ketergantungan secara terus menerus dengan energi.
  9. Unta. Kendaraan dari unta ke mobil kembali ke unta, karena energinya sudah habis.
  10. Arsip. Anna membuka arsip mengenai kekayaan alam yang sekarang mengalami penyusutan.
  11. Kafilah. Nova ikut rombongan kafilah untuk main-main saja sebelum pindah ke bus listrik, disitu Nova mendapatkan cerita dari anak laki-laki Arab tentang skeptisnya para sekelompok orang terhadap masalah iklim pada awal abad ini.
  12. Daftar Merah. Sebuah daftar merah, berisi spesies-spesies flora dan fauna yang terancam. Diterbitkan dalam edisi yang semakin bagus, dilengkapi gambar berwarna mengenai berbagai status spesies yang kritis, sangat terancam, atau rentan.
  13. Malam Musim Dingin. Nova menyaksikan kehancuran dunia melalui terminal canggih di tangannya.
  14. World Heritage. Kelestarian sumber kehidupan di planet ini bukan hanya sebuah kewajiban global, tapi juga sebuah kewajiban kosmik (ruang angkasa).
  15. Balon. Balon yang bergambarkan sketsa binatang yang sudah punah itu lepas dari tangan Nova, dalam sekejap Nova melihat balon tersebut terbang tinggi di angkasa.
  16. Kolam Renang. Keluarga Anna yang merencanakan membuat kolam renang dengan membuka lahan perkebunan milik keluarganya. Namun Anna berusaha untuk menolak rencana dari keluarganya tersebut karena dia sangat menyukai kebun yang menghasilkan banyak buah dan juga membuat udara semakin sejuk. Akhirnya keluarganya pun menyetujuinya.
  17. Bunga Tulip. Nova memberikan bunga tulip ke para penebang pohon di hutan karena daerah tersebut akan dibangun taman kincir angin, dalam pikiran Nova yang sangat menyayangkan penebangan hutan tersebut.
  18. Kunci Kontak. Kebiasaan orang sekarang yang menghentikan mobil tanpa mematikan mesinnya. Anna geram seakan ingin melemparkan kunci kontak mobil ke tumpukan salju supaya hilang dan tidak bisa menyalakan mesin mobil lagi. Betapa banyak efek negatif dari hal tersebut yang membuat planet semakin hancur akibat ulah manusia.
  19. Jalan Setapak. Nova menyusuri jalan setapak menjelang akhir musim gugur, begitu senangnya dia menuju puncak gunung dengan menyusuri jalan setapak diantara pohon birch putih.
  20. Pondok di Gunung. Pondok di Gunung yang menjadi tempat pertemuan Anna dan Jonas untuk membahas “bagaimana cara untuk menyelamatkan 1001 flora dan fauna di planet ini".
  21. Kuota Iklim. Kuota Iklim yang di dapatkan Nova, dia bisa bepergian tanpa menyebabkan polusi. Jadi Nova bepergian secara netral iklim, hal tersebut bisa mengurangi dampak negatif dari polusi.
  22. Sebuah Kesempatan Baru. Anna percaya bahwa mimpinya adalah kenyataan dan dia berasal dari masa depan untuk memperbaiki kesalahan karena tidak menjaga bumi. Anna dikembalikan ke masa lalu karena dia diberikan kesempatan kedua untuk memperbaiki bumi yang rusak karena ulah manusia.
  23. Mobil-Mobil Putih. Mobil putih yang membawa hewan pukang yang akan mengalami kepunahan. Nova masuk ke mobil putih yang digunakan sebagai pengunjung untuk mengelilingi kebun.
  24. Katak. Cara menyelamatkan 1001 flora fauna salah satunya dengan pengibaratan katak yang dimasukkan dalam air mendidih maka akan segera keluar. Sedangkan katak yang dimasukkan dalam panci berisi air dingin yang direbus maka katak tersebut tidak mendeteksi bahaya. Manusia seperti katak tersebut.
  25. Mesin Otomat Hijau. Mesin otomat hijau yang akan di pasang untuk umum, mesin ini digunakan untuk permainan taruhan guna menyelamatkan spesies bagian dari yang ditampilkan gambar video.
  26. Gamification. Konsep game yang di kehidupan nyata untuk 1001 dana pelestarian flora dan fauna. Penyelesaian masalah keresahan yang dirasakan Anna terjawab dalam proposal yang diberikan Jonas.
  27. Pondok Akhir Pekan yang Cantik. Nova melihat nenek buyutnya, Anna dan Jonas berada di pondok tersebut.
  28. Cincin Aladin. Disaat yang bersamaan Anna melihat Nova yang melintasi pondok yang dia dan Jonas singgahi tersebut. Cincin yang diwariskan dari tantenya (Tante Sunniva) itu berusia ratusan tahun dipercaya sebagai cincin aladin yang bisa mengabulkan permintaan dalam hidup Anna. Anna menggunakannya kekuatan magis cincin tersebut untuk menjaga planet bumi dari kerusakan yang disebabkan oleh manusia (kesempatan kedua).
  29. Pengadilan Iklim. Nova dan pria Arab telah dewasa dan bekerja. Mereka menjadi perwakilan generasi muda untuk bersaksi bahwa krisis iklim bukanlah sebuah konflik antar bangsa namun konflik bagi generasi penerus yang menjadi korban bencana iklim akibat ulah generasi sebelumnya.
  30. Sarung Tangan. Sarung tangan Anna yang bisa digunakan bolak balik. Menandakan apa?
  31. Kebun Binatang. The International Zoological Park, pemerintah dunia memilih Den Haag saat mereka memutuskan untuk mendirikan kebun binatang Internasional tersebut. Kebun ini terletak satu kota dengan Pengadilan Iklim Internasional agar dapat menjadi saksi atas rusaknya habitat-habitat di bumi.
  32. Identitas. Artikel yang tidak terdapat nama. Mempertanyakan kondisi diri sebagai manusia dan impact.
  33. Planet. Planet Bumi yang sudah hampir tidak bisa dikenali lagi yang dulunya hijau menjadi tidak karuan.
  34. Surat Elektronik. Anna mulai membuat suara yang ditujukan pada cucunya Nova di hari ulang tahun mereka tepat 12.12.12 yang berisi tentang surat melestarikan sumber daya alam planet masa depan.
  35. Cacat Logika. Nova membaca surat dari nenek buyutnya, cacat logika? Karena dunia mendapatkan kesempatan kedua.
  36. Kakek Buyut. Jonas adalah kakek buyut Nova yang menyumbang ide mesin otomat hijau. Anna dan Jonas juga berencana untuk membaca buku yang sama supaya memiliki kumpulan virtual yang luas "open minded".
  37. Di Sebuah Desa. Ester di sekap di sebuah desa.
  38. Ester. Anna bermimpi menjadi Ester dan menceritakan kejadian yang terjadi padanya sebagai Ester, dan betul cerita tersebut sesuai dengan cerita Ester yang sesungguhnya.
KEPENGARANGAN/ BIOGRAFI PENGARANG
Latar Belakang Penulis. Jostein Gaarder adalah seorang penulis novel yang lahir pada 8 Agustus 1952). Selain itu dia juga seorang intelektual. Tulisan yang dihasilkan berupa novel, cerpen, dan buku anak-anak dari Norwegia. Ciri khas penulisan Gaarder yaitu dengan menggunakan sudut pandang anak-anak, yang lebih mengutamakan rasa penasaran anak-anak pada dunia. Gaarder juga sering menggunakan ilmu metafisika yang tertuang dalam karya-karyanya. Gaarder juga merupakan penulis novel bestseller dengan judul Dunia Sophie yang bahkan diterjemahkan dalam 60 bahasa. Sebelum memulai karier di dunia kepenulisan, Gaarder adalah seorang guru filsafat di Bergen, Norway. Maka karya-karyanya pun erat dengan ide-ide filsafat.
Keahlian. Menulis novel, cerpen, dan buku anak-anak
Prestasi. Dikutip dalam laman wikipedia.com banyak prestasi yang di raih Gaarder, diantaranya sebagai berikut:
  • 1990 - Norwegian Critics Prize for Literature untuk bukunya yang berjudul Misteri Soliter, karena dianggap menjadi buku anak dan remaja terbaik pada tahun tersebut.
  • 1993 - Norwegian Booksellers' Prize for I et speil, i en gåte
  • 1994 - Deutscher Jugendliteraturpreis untuk Dunia Sophie.
  • 1995 - Premio Bancarella untuk Il Mondo di Sofia, terjemahan berbahasa Italia dari Dunia Sophie.
  • 1997 - Buxtehude Bull untuk Durch einen Spiegel, in einem dunklen Wort, terjemahan berbahasa Jerman atas I et speil, i en gåte
  • 2004 - The Willy-Brandt Award di Oslo.
  • 2005 - Komandan Upacara dalam The Royal Norwegian Order of St. Olav.
  • 2005 - mendapatkan sebuah Honorary degree dari Trinity Collage, Dublin, Irlandia
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BUKU
  • Kelebihan. Novel yang menceritakan tentang kepedulian Anak muda terhadap bumi. Kita harus hormat pada generasi penerus dengan tetap menjaga kelestarian bumi. Menggerakkan pembaca untuk peduli terhadap lingkungan dan keberlangsungan flora dan fauna. Ide fantasi dan imajinasi yang luar biasa dan tidak terduga. Mengajak para pembaca untuk berfantasi dalam mimpi sang tokoh. Tokoh utama Anna yang sangat menginspirasi pembaca dengan positve vibes-nyacerdas, rajin, dan selalu bersemangat, tentunya peduli akan lingkungan sekitar. Jonas kekasih Anna yang memberikan solusi dari berbagai hal yang menjadi kekhawatiran Anna. Gaya bahasa cukup ringan untuk sekelas novel filsafat sehingga pembaca merasa tidak keberatan ketika membaca novel ini. Setiap sub bab judul membuat penasaran karena pergantian setting dan tempat antara tahun 2012 dan 2082. Beberapa pengetahuan umum mengenai kondisi dan topografi Norwegia, mata uang, budaya, ternyata di Eropa pun mempercayai hal-hal metafisika. Penggambaran mengenai alam dan kerusakannya, sehingga mengajak imajinasi pembaca seolah-olah merasakan kerusakan alam tersebut. Seperti kejadian naiknya permukaan air laut hingga menutup pulau dan rusaknya dataran rendah di Arab bahkan sampai eksploitasi minyak bumi secara berlebihan yang tergambar secara nyata dalam cerita. Punahnya berbagai macam flora dan fauna hingga generasi penerus hanya bisa melihat flora dan fauna dalam video rekaman digital saja. Gambaran rusaknya bumi dalam novel yang ditulis pada tahun 2014 tersebut seakan related dengan tahun 2023. Banyak negara Eropa mengampanyekan tetang perubahan iklim yang terjadi hingga sekarang ini.
  • Kekurangan. Novel terjemahan sehingga sedikit sulit dipahami bahasanya, kurang mengalir. Alur maju mundur dengan sudut pandang yang berbeda sehingga sedikit membingungkan, karena mimpi sehingga perannya berbeda. Semua pada intinya tentang mimpi. Masih terasa membingungkan sebenarnya itu Nova yang muncul dari masa depan atau Anna yang kembali ke masa lalu? Yang menjadi tokoh utama Nova atau Anna? Cincin ruby seperti tidak logis dalam cerita. Kemajuan teknologi secara detail tidak ditunjukkan, masih memakai hp android ketika pada setting Nova tahun 2082 (harusnya memakai hp yang lebih canggih). Ending cerita yang menggantung karena Anna yang hidup di tahun 2012 dan Nova yang hidup di tahun 2028 bukanlah sebuah awal dan akhir dari cerita. 
KESIMPULAN
  • Kritik. Alur maju mundur (campuran) yang membuat pembaca sedikit kebingungan, namun masih terbantu dengan penggunaan jenis font pada sub bab judul (untuk pergantian setting Anna dan Nova). Bahasa terjemahan yang masih terasa kaku di beberapa percakapan sehingga kurang mudah dipahami, apalagi bagi pembaca awal dari novel dengan tema filsafat. Padahal ini merupakan cetakan ke XXII (cetakan terakhir) di tahun 2022.
  • Saran. Bahasa terjemahan lebih diperbarui seperti beberapa bagian percakapan sehingga pembaca tahu makna dari setiap sub bab judul yang disajikan. 
  • Rekomendasi. Novel filsafat yang disuguhkan secara ringan sehingga lebih mudah dipahami oleh para pembaca pemula untuk novel berjenis filsafat. Pembaca menjadi tergerak untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar. Sangat direkomendasikan untuk para pecinta lingkungan dan menyadari bahkan kita harus hemat energi dan terus menjadi lingkungan baik flora maupun fauna untuk generasi selanjutnya.

Referensi :

Wikipedia. (2023). Jostein Garder: Hadiah dan Penghargaan. Diperoleh pada 14 Februari 2023 dari https://id.wikipedia.org/wiki/Jostein_Gaarder



Dewi Tinjung Sari
• Education • Authorship • Lifestyle • Seorang pebelajar yang memiliki hobi menulis. Penawaran kerjasama dan sejenisnya bisa menghubungi saya pada halaman contact. Terima Kasih.

Related Posts

Posting Komentar