Lomba Infografis dan Bercerita untuk Mendukung Budaya Literasi Sekolah

Assalamu'alaikum, bestie duedewi. Apa kabar? Semoga senantiasa sehat ya.
Oya bestie, apakah kalian mengetahui tentang GLN

GLN kepanjangan dari Gerakan Literasi Nasional. Kemendikbud menyatakan bahwa Gerakan Literasi Nasional adalah upaya untuk memperkuat sinergi antar unit utama para pelaku gerakan literasi. Adapun kegiatannya dengan cara menghimpun semua potensi dan memperluas keterlibatan publik dalam upaya menumbuhkembangkan dan membudayakan literasi di Indonesia. Gerakan ini tentunya dilaksanakan secara serentak mulai dari lingkungan keluarga, sekolah, maupun seluruh masyarakat Indonesia. Hal ini tentunya bertujuan untuk meningkatkan pemahaman seseorang dalam menangkap suatu intisari dari informasi.

 

Seperti halnya gerakan literasi di sekolah, atau biasanya disingkat dengan GLS. Menurut wikipedia, Gerakan Literasi Sekolah (GLS) adalah sebuah gerakan literasi di lingkungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, yang merupakan bagian dari Gerakan Literasi Nasional. Hal ini menjadi upaya dalam menumbuhkan budi pekerti peserta didik dengan tujuan agar peserta didik memiliki budaya membaca dan menulis yang tercipta sepanjang hayat. Jika dilakukan secara rutin, kegiatan ini dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam membaca dan memahami intisari dari sebuah informasi.

 

SMA Negeri 1 Madiun juga mendukung adanya program dari Kementrian Kebudayaan dan Pendidikan tersebut, dengan menjalankan serangkaian kegiatan literasi di sekolah. Kegiatan literasi sekolah yang menjadi program SMA Negeri 1 Madiun sangat variatif. Seperti halnya adanya kegiatan membaca buku fiksi/non fiksi secara rutin yang dilaksanakan sebelum dimulainya jam pelajaran, yang didukung dengan masing-masing peserta didik memiliki jurnal baca individu. Selain itu, juga dilaksanakan berbagai kegiatan dan lomba yang terkait dengan budaya literasi.

Peserta didik sedang mengikuti lomba bercerita

Lomba literasi di SMA Negeri 1 Madiun menjadi salah satu program wajib yang dilaksanakan setiap semester. Lomba literasi kali ini mengenai lomba infografis dan bercerita yang diikuti oleh perwakilan dari masing-masing kelas di SMA Negeri 1 Madiun. Lomba ini dilaksanakan pada tanggal 25 November 2022 sekaligus dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional yang ke-77. Lomba literasi ini secara khusus bertujuan untuk :

  • Meningkatkan budaya literasi peserta didik
  • Meningkatkan kreativitas peserta didik
  • Meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik
  • Meningkatkan pemahaman peserta didik dalam menarik kesimpulan dari informasi yang diterima.

Mekanisme perlombaan ini yaitu setiap kelas mengirimkan hasil karya infografis sesuai dengan tema yang telah ditentukan panitia dengan waktu pengerjaan selama satu minggu. Tiga infogaris terbaik akan menjadi bahan cerita untuk diceritakan oleh peserta didik yang menjadi perwakilan dalam lomba bercerita. Peserta lomba bercerita diberi waktu kurang lebih 10 menit untuk menceritakan informasi yang ada pada infografis di hadapan dewan juri. Sebelumnya, peserta bercerita tersebut terlebih dahulu harus membaca dan memaparkan informasi yang ada pada infografis ke dalam tulisan yang dikumpulkan pada panitia. Tulisan tersebut menjadi salah satu indikator yang dinilai oleh dewan juri. Lomba tersebut berlangsung sangat seru dan kompetitif.

 

PEMENANG LOMBA LITERASI

Finally, berikut para peraih juara lomba infografis dan bercerita SMA Negeri 1 Madiun tahun 2022. Berikut daftar peserta didik yang menjuarai lomba tersebut:


KATEGORI LOMBA INFOGRAFIS

Juara 1 : kelas XII IPS 1

Infografis karya kelas XII IPS 1
Juara 2 : kelas XII MIPA 2

Infografis karya kelas XII MIPA 2
Juara 3 : kelas X-1

Infografis karya kelas X-1

KATEGORI LOMBA BERCERITA

Jenjang Kelas X

  1. Juara pertama, diraih oleh Affan Putra Aviansyah, perwakilan kelas X-8
  2. Juara kedua, diraih oleh Jevficka Vindyasmara, perwakilan kelas X-3


Jenjang kelas XI

  1. Juara pertama, diraih oleh Aina Hanifah Azzahro, perwakilan kelas XI MIPA 4
  2. Juara kedua, diraih oleh Nasya Lindy Tenaya Pradipta, perwakilan kelas XI MIPA 2


Jenjang kelas XII

  1. Juara pertama, diraih oleh Rizky Arya Romadhoni, perwakilan kelas XII MIPA 1
  2. Juara kedua, diraih oleh Dio Ananda Wibowo, perwakilan kelas XII MIPA 2

Selamat untuk para juara, semoga ini menjadi langkah kalian untuk terus berprestasi dan terus mendukung gerakan literasi sekolah.

 

Sampai jumpa pada lomba-lomba literasi berikutnya !!!

Salam Literasi !!!

Wasaalmu’alaikum.



Referensi :

Wikipedia. (2022). Gerakan Literasi Sekolah. Diperoleh pada tanggal 23 Januari 2023 dari https://id.wikipedia.org/wiki/Gerakan_Literasi_Sekolah


Dewi Tinjung Sari
• Education • Authorship • Lifestyle • Seorang pebelajar yang memiliki hobi menulis. Penawaran kerjasama dan sejenisnya bisa menghubungi saya pada halaman contact. Terima Kasih.
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar