Resensi Buku "Success Through Mindset" karya Sten Morgan : Rahasia Sukses untuk Para Entrepreneur Pemula

IDENTITAS BUKU






INTISARI/ SINOPSIS BUKU

Kenapa pola pikir?

Karena pola pikir dapat memengaruhi kemampuan dan motivasi kita.

Ada 7 Mindset dari kesuksesan yang dapat dipelajari dalam buku ini, diantaranya:

1. Diri di Masa Depan

Apa yang harus dilakukan di masa depan. Karena dengan pola pikir yang tepat dapat mengubah hidup kita. Harapan perlu di pupuk.

2. Jaring Pengaman

Melepaskan jaring pengaman merupakan suatu keharusan jika ingin meraih kesuksesan. Jika ingin meraih kesuksesan kita harus berani mengambil risiko dengan mengambil perjalanan yang sulit karena kita perlu mengenali apa yang sedang menahan diri kita dan sebisa mungkin kita harus berani melepaskan kenyamanan tersebut (keluar dari zona nyaman). Tentu hal ini akan menyebabkan tingkat stres yang tinggi namun hal ini justru akan membuat hidup semakin sukses, jadi sudah sepantasnya kita berterima kasih pada rasa stres yang pernah terjadi. Karena ketika kita merasa stres hal ini akan memberikan motivasi dan menciptakan keadaan mendesak dalam hidup untuk keluar dari zona stres dan meraih kesuksesan. Stres dapat menjadi pengaruh positif, karena otak menjadi lebih waspada akan situasi sekitar dan dapat mengolah lebih banyak informasi.

  • Melawan rasa takut adalah sebuah keharusan. Ketakutan untuk tidak mencoba, tidak pernah mengetahui dan tidak pernah meraih potensi seharusnya bisa melebihi daripada ketakutan akan kegagalan. Jangan takut akan sesuatu yang tidak logis yang dapat menahan diri untuk membangun relasi, dan memperluas sebuah bisnis.
  • Berani mengambil sebuah tantangan yang ada di depan mata, percaya bahwa melepaskan jaring pengaman merupakan hal yang tepat karena diri kita bisa lebih leluasa dalam mempercayakan kemampuan dan tanggung jawab yang diri ambil.

3. Sudut Pandang

Masukan dan saran dari orang lain akan banyak membantu kita dalam mengembangkan bisnis. Kita harus menerima saran dari orang lain. Jendela Johari mencari area dimana orang lain tidak melihat kesempatan tersebut “pandai melihat peluang yang ada”. Setiap kelompok menawarkan sudut pandang yang berbeda tetapi berharga yang dapat mengubah keadaan bisnis kita. Mendapatkan saran dari sudut pandang berbeda dapat ide baru yang berbeda, dan bahkan lebih baik dalam mengembangkan bisnis.

4. Keadaan

  • Mengendalikan keadaan 10% secara maksimal dan tahu apa yang harus dikendalikan. Mengabaikan 90% hal yang tidak penting dan yang tidak dapat dikendalikan. 90% adalah rasa khawatir dan 10% keadaan yang sebenarnya.
  • Menanggulangi alasan, lebih baik berekspektasi sendiri karena ekspektasi merupakan kepercayaan yang diri miliki terhadap apa yang bisa kita raih. Fokus pada sedikit keadaan yang bisa kita kendalikan, kuasai, dan percaya bahwa kita akan jauh di atas ekspektasi orang lain. 
  • Pola pikir sangat diperlukan di saat keadaan sulit, berhenti khawatir dengan kegagalan dan fokus pada dua atau tiga hal yang dapat kita kendalikan, karena ini akan memberikan kesempatan yang baik.
  • Ekspektasi sendiri itu penting karena untuk memotivasi diri untuk berkembang jauh lebih baik.

5. Ketidaknyamanan

  • Konsep misogi: ambillah sebuah tantangan yang mengembangkan ide anda secara radikal terhadap sesuatu yang mungkin.
  • Merangkul dan menerima ketidaknyamanan dengan melakukan hal yang tidak nyaman tersebut, karena hal tersebut merupakan sebuah tantangan, yang akan mengantarkan kita pada kesuksesan.
  • Tidak semua hal yang kita coba akan berhasil, kita perlu merubah metode yang kita pakai.
  • Semakin banyak menghindari ketidaknyamanan maka semakin banyak kesempatan yang terlewatkan.
  • Ketidaknyamanan adalah sebuah pilihan untuk mengejar potensi yang kita miliki.

6. Konflik

  • Konflik adalah sebuah alat.  Jangan menghindari konflik, karena bisa saja kita kehilangan sudut pandang dari orang lain dan akhirnya menghindari area-area yang mana seharusnya dapat ditingkatkan.
  • Tidak semua orang siap menghadapi konflik dan sudut pandang, akibatnya konflik memberikan banyak kerusakan daripada bantuan. Memilih konflik yang tepat dapat menjaga relasi.
  • Tujuan konflik untuk mempertahankan dan membangun relasi.
  • Tips menjalani konflik: Tetap tenang, mencari penyebabnya, bertanya dan mendengarkan, mengingat tujuan sebenarnya, bertatap muka, ambil waktu.
  • Ketika relasi butuh diakhiri. Konflik dapat menyeleksi layak tidaknya seseorang untuk tetap menjadi relasi.

7. Keseimbangan

  • Waktu nyata vs. Waktu Jam. Kita hidup di dunia yang berjalan dalam waktu jam, tetapi pikiran kita berjalan pada waktu nyata.
  • Menghilangkan gangguan tugas yang tidak efisien, sosmed, notif, dan sebagainya. Fokus pada tugas yang dikerjakan di depan mata.

8. Motivasi dibalik kesuksesan

Pentingnya sebuah motivasi yang nyata dengan sebuah pencapaian, tujuan-tujuan dan uang. Motivasi sukses yang sebenarnya adalah kemurahan hati, keinginan  untuk melayani kebutuhan orang lain, bukan untuk pencapaian atau uang untuk diri sendiri saja.

  • Dua jenis motivasi secara internal dan eksternal
  • Siapa menabur dia yang akan menuai, murah hati terhadap waktu dan sumber daya. Kebutuhan orang lain memainkan peran penting dalam setiap keputusan yang kita buat,
  • Jangan memiliki mentalitas Zero-Sum Game. Di pasar keuangan, futures dan opsi dianggap permainan zero-sum karena kontrak mewakili kesepakatan antara dua pihak dan, jika satu investor kalah, maka kekayaannya ditransfer ke investor lain. Sebagian besar transaksi adalah permainan non-zero-sum karena hasil akhirnya bisa menguntungkan kedua belah pihak

KEPENGARANGAN/ BIOGRAFI PENGARANG

  • Latar belakang penulis : Sten Morgan lulusan Linfield College di Oregon dengan gelar sarjana ilmu keuangan dan ekonomi. Setelah kuliah, Sten bekerja di sebuah firma finansial yang besar dan sukses menjadi penasihan keuangan. Namun Sten meninggalkan pekerjaan tersebut kemudian memilih untuk membangun bisnis mulai dari 0.
  • Keahlian : Businessman dan konsultan keuangan
  • Prestasi : Sten memenangkan banyak penghargaan seperti penghargaan 30 di bawah 30 tahun (generasi millenial) yang membuat transformasi di pada bisnis pribadi, penghargaan dari Life Health Pro, penghargaan untuk memimpin non-profit di Tennessee, dan menjadi penasehat termuda yang mendapatkan Chairman’s Council dalam industri.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BUKU

  • Kelebihan. Buku ini memberikan motivasi untuk pada orang-orang yang akan membangun sebuah bisnis. Karena dalam buku ini di bahas bahwa orang yang memiliki pola pikir yang dijelaskan pada buku maka akan mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk sukses. Buku ini bisa dijadikan sebagai pedoman untuk selalu berpikir dengan ketujuh pola pikir, diantaranya diri di masa depan, jaring pengaman, perseptif, keadaan, ketidaknyamanan, konflik, dan keseimbangan waktu. Sangat cocok untuk orang yang merasa takut gagal akan suatu usaha yang dilakukan, karena dalam buku ini juga akan di bahas bagaimana sebuah kegagalan menjadikan pemacu untuk menuju kesuksesan. Banyak pengalaman hidup dari penulis yang menjadikan pembaca semakin percaya bahwa kegagalan itu adalah langkah kecil untuk mencapai keberhasilan. Buku ini memberikan gambaran bahwa pola pikir tidak bersifat genetik dan juga terdapat berbagai faktor dalam pembentukannya. Mindset ini tidaklah permanen dan bisa berubah secara ekstrim, sebab dipengaruhi oleh peristiwa-peristiwa yang terjadi di dalam hidupnya.
  • Kekurangan. Karena merupakan buku terjemahan maka ada beberapa kalimat yang sulit dipahami. Setting dan budaya yang berbeda (di luar negeri) maka akan berpengaruh juga dengan pola pikir yang biasa diterapkan di suatu negara. Karena buku psikologi bisnis maka pembahasan juga seperti secara teoritis saja dan kurang mengalir.

KESIMPULAN

  • Kritik. Karena buku by experience penulis yang notabene tinggal di satu negara, sehingga kurang bisa diterapkan untuk budaya negara lainnya.
  • Saran. Mungkin pengolahan bahasa terjemahan yang lebih di edit kembali, dengan menggunakan tata bahasa yang lebih mudah dipahami.
  • Rekomendasi. Sangat direkomendasikan untuk pengusaha muda ataupun semua orang yang akan memulai bisnis. Karena banyak motivasi dalam pembentukan mindset kesuksesan.

Dewi Tinjung Sari
• Education • Authorship • Lifestyle • Seorang pebelajar yang memiliki hobi menulis. Penawaran kerjasama dan sejenisnya bisa menghubungi saya pada halaman contact. Terima Kasih.
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar