Melek Literasi Digital : Lomba Karya Tulis Ilmiah di SMA Negeri 1 Madiun

Menulis itu bukan hanya untuk menghasilkan karya, namun juga sebagai penyembuh jiwa. #kutipanduedewi

Itulah merupakan salah satu quote yang tertanam dalam diri saya, ketika ada yang bertanya mengenai "A Strong Why" dalam kegiatan menulis. Secara pribadi menulis merupakan candu bagi hidup saya. Kecanduan ini kian menyiksa jika sehari pun tidak merangkai kata dalam bentuk sebuah karya tulisan. Ketika ada kerisauan yang kian menganggu, maka aku pun menuangkan segala emosi kerisauanku tersebut dalam sebuah rangkaian kalimat. Menyaring energi negatif kemudian menjadikan positive vibes dalam diri. Karena itu menulis juga sebagai penyembuh jiwa untuk saya. Itu juga merupakan salah satu upaya aktualisasi diri saya secara pribadi.

Bersyukur sekali, ketika saya diamanahi untuk bergabung bersama ekstra KIR (Kelompok Ilmiah Remaja) SMA Negeri 1 Madiun. Karena kegiatan ini sangat relate dengan hobi saya yaitu menulis. Saya pun juga masih perlu banyak belajar dalam hal kepenulisan, sehingga dengan masuk pada ekstra ini semoga kami sama-sama belajar dan berbagi ilmu tentang dunia kepenulisan. Insya Allah, sangat bermanfaat dalam upaya meng-uprade diri

Peserta Didik Harus Melek Digital

Lomba Karya Tulis Ilmiah antar Kelas tahun 2022

"Menuangkan Ide-Ide dan Buah Pikiran serta Mengomunikasikannya secara Ilmiah" - KIR Bhima Smasa

Tepat pada Hari Minggu tanggal 26 Maret 2022 ekstra KIR SMA Negeri 1 Madiun mengadakan sebuah event yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah antar Kelas. Ekstra KIR yang ada di SMA Negeri 1 Madiun bernama KIR Bhima Smasa. Ekstra KIR ini merupakan wadah bagi peserta didik untuk menghasilkan suatu karya ilmiah. Ekstra ini bersifat terbuka untuk semua kalangan peserta didik di SMA Negeri 1 Madiun. Semua siswa baik dari jurusan IPA maupun IPS bisa ikut serta dalam kegiatan ekstra tersebut. Ekstra ini juga merupakan wadah bagi peserta didik yang ingin mengembangkan ilmu dan kreativitasnya khususnya dalam bidang kepenulisan. Nah, secara otomatis kegiatan ini menjadi salah satu penggerak literasi di sekolah ya.

Lomba Karya Tulis Ilmiah yang diadakan oleh ekstra KIR Bhima Smasa ini merupakan salah satu program kerja dari ekstra KIR yang sangat dinanti-nanti. Karena pemenang dari lomba ini akan menjadi wakil dari sekolah. Pemenang akan menjadi wakil sekolah ketika ada berbagai lomba mengenai karya tulis ilmiah khusus bagi remaja atau peserta didik. Tema dari Lomba Karya Tulis Ilmiah ini adalah mengenai "Literasi Digital". Menurut UNESCO (2011) dalam detik.com menyebutkan bahwa literasi digital adalah kecakapan (life skills) yang tidak hanya melibatkan kemampuan penggunaan perangkat teknologi, informasi dan komunikasi, tetapi juga melibatkan kemampuan untuk dalam pembelajaran bersosialisasi, sikap berpikir kritis, kreatif, serta inspiratif sebagai kompetisi digital. Hal ini mengacu pada penggunaan perangkat teknologi, informasi dan komunikasi (TIK) dalam kegiatan sehari-hari, misalnya kegiatan membaca, menulis, memahami, dan sebagainya. Tentunya ini bersifat sangat penting dan relate dengan kegiatan kita sehari-hari. Khususnya bagi peserta didik di masa pandemi yang sehari-hari dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini sangat tergantung dengan teknologi. 

Tujuan Lomba Karya Tulis Ilmiah

Sambutan dan pembukaan kegiatan oleh Wakasek Kesiswaan

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan yaitu Bapak Supriyanto, S.Pd, M.Pd. Tujuan dari kegiatan ini adalah supaya peserta didik khususnya di SMA Negeri 1 Madiun terampil dalam menyusun suatu karya tulis ilmiah. Kemudian juga peserta didik dapat mengembangkan kemampuan dan keterampilan dalam menuangkan ide-ide dan gagasan serta dapat mengaktualisasikan dalam bentuk sebuah karya tulis ilmiah. Menjadikan peserta didik supaya terbiasa untuk berpikir kritis dan peka terhadap isu-isu yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari khususnya isu mengenai literasi digital. Jadi banyak sekali lho manfaat dari kegiatan ini, pasti rugi kan kalau tidak sampai mengikuti lomba ini.

Tahapan Lomba Karya Tulis Ilmiah

Presentasi KTI oleh salah satu peserta di hadapan juri

Lomba ini diikuti oleh setiap kelas X dan XII di SMA Negeri 1 Madiun. Masing-masing kelas mengirimkan dua peserta didik sebagai perwakilan terbaik di kelas untuk mengikuti lomba ini. Lomba ini dilaksanakan melalui dua tahap:

  • Tahap pertama yaitu penyisihan. Peserta lomba diminta untuk mengirimkan karya tulis ilmiah ke panitia KIR Bhima Smasa baik secara hardfile maupun softfile. Tahap penyisihan ini dilakukan secara offline karena masih dalam masa pandemi sehingga pembelajaran yang diberlakukan di sekolah masih Pembelajaran Jarak jauh (PJJ) tentunya para peserta didik melakukan pembelajaran secara daring. Kemudian karya tersebut dinilai oleh ketiga juri (yang telah ditunjuk oleh pihak sekolah yaitu Ibu Kristianita Sunaringtyas, S.Pd., M.Pd.; Bapak Arif Firanata Kusuma, S.Pd.; dan saya sendiri) untuk menilai dan menyeleksi 20 karya ilmiah menjadi 5 karya tulis ilmiah terbaik.
  • Tahap kedua yaitu final. Kelima tim peserta terbaik dalam penyusunan karya tulis ilmiah yang tentunya sudah dinilai oleh juri secara obyektif tersebut lolos ke tahap berikutnya yaitu final. Pada tahap final ini, kelima kelompok peserta lomba tersebut yang masing-masing beranggotakan 2 orang harus melakukan presentasi atas karya tulis ilmiah yang mereka buat. Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula SMA Negeri 1 Madiun. Kemudian juri memberikan penilaian dan memberikan kritik juga saran yang tentunya membangun bagi peserta lomba.
Pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah antar Kelas

Kelima tim yang masuk dalam 5 besar terbaik telah berupaya menampilkan presentasi yang terbaik dalam mewakili kelasnya. Terbukti bahwa skor penilaian dari juri hanya berbeda tipis antar masing-masing peserta. 
Berdasarkan keputusan dari juri yang tidak bisa diganggu gugat, maka berikut ini merupakan hasil pemenang dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah antar kelas tahun 2022:

Para pemenang LKTI antar kelas tahun 2022 SMA Negeri 1 Madiun

  1. Juara pertama diraih oleh kelas X MIPA 7, atas nama Berlian Pinastika Dewanti dan Najwa Aurel Devina Kurniawan.
  2. Juara kedua diraih oleh kelas XI MIPA 4, atas nama Heilin Alber Siva H dan Muhamad Alfan Najah.
  3. Juara ketiga diraih oleh kelas XI IPS 1, atas nama Erlangga Novianto dan Nabila Khairunnisa.
Selamat bagi para pemenang, semoga ini menjadi langkah awal kalian dalam berprestasi di bidang kepenulisan. Di setiap kompetisi pasti ada yang menang dan ada yang kalah. Bagi yang menang teruslah berkarya, ini kesempatan kalian bahwa karya kalian diapresiasi dan menjadi terbaik. Ingat untuk belajar dan berlatih terus dalam hal kepenulisan. Bagi yang kalah, tidak perlu berkecil hati, semua usaha yang kalian lakukan sudah baik dan jangan sampai putus asa. Teruslah berlatih dan berlatih sampai kamu mendapatkan kesempatan untuk menang.

Alhamdulillah Lomba Karya Tulis Ilmiah antara kelas tahun 2022 SMA Negeri 1 Madiun ini berlangsung dengan baik dan lancar. Saya secara pribadi mengapresiasi kepada seluruh panitia yaitu anggota ekstra KIR Bhima Smasa dibantu oleh beberapa anggota OSIS Smasa yang telah menyelenggarakan serangkaian kegiatan ini dengan baik dan sukses.

Oh iya untuk mengetahui kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh ekstra KIR ini, jangan lupa untuk follow akun instagram baru dari KIR Bhima Smasa ya yaitu @kir_bhimsmasa (klik).

Yuk beraktualisasi diri dengan menulis. Jadikan menulis itu kegiatan sehari-hari yang membuat candu dalam hidup kita. Karena dengan karya sebuah tulisan, maka kita bisa berbagi ilmu yang bermanfaat bagi orang lain dan akan menjadi amal jariyah kita kelak. 

Teruslah berkarya!


Referensi:

Detik.com. (2021). Apa itu Literasi Digital? Ini Penjelasan serta Manfaatnya. Diperoleh pada tanggal 04 April 2022 dari https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5822740/apa-itu-literasi-digital-ini-penjelasan-serta-manfaatnya


Dewi Tinjung Sari
• Education • Authorship • Lifestyle • Seorang pebelajar yang memiliki hobi menulis. Penawaran kerjasama dan sejenisnya bisa menghubungi saya pada halaman contact. Terima Kasih.
Terbaru Lebih lama

Related Posts

2 komentar

  1. Mantapp bu guru !! Semangat untuk menginspirasi.

    BalasHapus
  2. Auerel Mardiana11 April 2022 15.05

    Keren mba, jadi referensi kegiatan KIR ini. Terima kasih mba Dewi. Sukses.

    BalasHapus

Posting Komentar