Resensi Buku "Genius Menulis Artikel" karya Dr. Sutejo, M.Hum

IDENTITAS BUKU

INTISARI/ SINOPSIS BUKU

Buku dengan judul Genius Menulis Artikel “Sehari Mahir Menulis Artikel” ini memberikan cara praktis untuk guru untuk mengembangkan kreativitasnya dalam menulis. Tidak menutup kemungkinan buku ini juga bisa digunakan oleh siswa dan mahasiswa.

Buku ini menekankan filosofi genius yang dikemukakan oleh Albert Einstein dan Thomas Alfa Edison yaitu genius adalah 99% kerja keras dan bakat hanya 1 % saja.

Jika ingin mahir menulis artikel tentunya harus berlatih secara terus menerus. Percayalah bahwa anda adalah orang genius.

KEPENGARANGAN/ BIOGRAFI PENGARANG

Cover depan dan belakang buku

  • Latar belakang penulis : seorang alumni S1 IKIP Malang dan S2 UNS Surakarta. Lulus S3 dari UNESA dengan predikat cumlaude. Beliau sebagai dosen Kopertis VII Surabaya dan juga seorang yang berpengalaman sebagai guru. Beliau juga aktif memberikan berbagai jenis seminar dan workshop kepenulisan.
  • Keahlian : Menulis artikel
  • Prestasi : udah banyak prestasi di dunia kepenulisan yang beliau raih yaitu memenangkan sayembara kepenulisan tingkat nasional 11 kali dan 3 kali memenangkan sayembara penulisan buku tingkat provinsi Jatim. Selain itu ada puluhan buku, esai, dan cerpen yang beliau buat dan diterbitkan.

KELEBIHAN DAN KEKURANGN BUKU

  • Kelebihan. Buku ini tidak bersifat segmented, jadi bisa dibaca untuk semua kalangan (profesi/pekerjaan lainnya) yang ingin mahir menulis artikel. Buku yang dikemas dengan bahasa yang sederhana. Penulis memberikan tips/cara praktis yang nyata untuk latihan menulis artikel. Terdapat banyak contoh artikel yang disajikan. Di setiap sub bab judul buku, penulis selalu memberikan afirmasi positif dengan “motivation quote” supaya pembaca percaya bahwa semua orang itu genius termasuk pembaca itu sendiri. Buku ini mampu meyakinkan bahwa ia bisa menulis dengan melakukan banyak latihan. Penulis memberikan opini dengan memaparkan fakta-fakta seperti menjabarkan cerita nyata dari perjalanan hidup tokoh politik/agama yang menarik sehingga dapat memberikan motivasi serta meyakinkan pembaca untuk terus berlatih menulis artikel. Langkah-langkah dalam menulis artikel sudah dijabarkan dalam buku secara detail, mulai dari membuat pendahuluan, isi, dan cara menutup artikel. Banyak alamat email redaksi yang disajikan untuk para penulis yang ingin mengirimkan karyanya, sehingga bagi penulis pemula tidak akan merasa kebingungan jika ingin mengirimkan artikelnya.
  • Kekurangan. Ada beberapa diksi dalam kalimat sehingga pembaca harus membuka KBBI untuk menafsirkan maksud dari kata tersebut (beberapa kata kias yang membuat pembaca sedikit sulit memahami buku). Hal ini akan berdampak pada kurangnya pemahaman yang didapatkan oleh pembaca pemula. Buku ini menjabarkan cukup banyak contoh artikel yang justru menyebabkan pembaca merasa bosan. Dari keseluruhan artikel yang disajikan tidak ada satupun artikel yang diklasifikasikan secara detail sebagai contoh dari penulis. Pembaca harus mereka-reka sendiri cara pengupasan artikel. Masih ada beberapa kata yang salah ketik pada buku cetakan kedua ini. Buku ini banyak menyuguhkan tugas untuk pembaca dan pembaca harus mengisi atau menulis sendiri, tanpa adanya contoh pengerjaan tugas yang benar. Buku ini hanya bisa didapatkan/dibeli dengan membuka Instagram atau situs jasa jual buku saja, tidak dijual di toko buku seperti biasanya.

KESIMPULAN

  • Kritik. Contoh artikel yang diberikan terlalu banyak namun tidak ada contoh untuk mengupas atau menganalisis artikel tersebut. Jadi, pembaca yang baru akan belajar tentang artikel, akan sedikit merasa kesulitan dalam mengadopsi cara yang disajikan dalam buku.
  • Saran. Alangkah baiknya jika pembaca diberi contoh bagaimana mengupas atau menganalisis artikel dengan baik. Jadi, alur pemikiran pembaca menjadi lebih fokus (mengingat tidak ada “penilaian yang bisa merevisi” dalam latihan/practice yang diberikan dalam buku ini).
  • Rekomendasi. Buku ini direkomendasikan untuk kalangan umum yang akan belajar bagaimana menulis dan khususnya sangat direkomendasikan bagi guru, mahasiswa maupun pelajar yang ingin mengasah kemampuan menulis terutama menulis artikel.
Setelah membaca buku ini, kamu akan lebih percaya diri bahwa kamu adalah orang yang genius.


Dewi Tinjung Sari
• Education • Authorship • Lifestyle • Seorang pebelajar yang memiliki hobi menulis. Penawaran kerjasama dan sejenisnya bisa menghubungi saya pada halaman contact. Terima Kasih.

Related Posts

Posting Komentar