There are many stories

"Think Positive and Positive Think Will Happen"



Honest Review : Bye Insecure, Jerawat Teratasi dengan Scarlett Whitening Acne Serum

Memiliki kulit yang berjerawat merupakan suatu masalah bagi setiap orang, terutama untuk kaum wanita. Bagaimana tidak? Jerawat merupakan kotoran sel kulit mati dan minyak yang terdapat dalam kulit yang tidak bisa keluar (pori-pori yang tersumbat). Tidak menutup kemungkinan setiap orang pasti mengalami yang namanya berjerawat, entah itu jerawat yang muncul di wajah, leher, dada, punggung maupun bagian tubuh tertentu lainnya. Jenis jerawat juga bermacam-macam, menurut hellosehat.com menyebutkan bahwa terdapat tujuh jenis jerawat, yang secara ringkas dijelaskan sebagai berikut :
  1. Komedo putih (whiteheads). Ternyata komedo merupakan jenis jerawat dasar lho. Biasanya jika kita melihat benjolan kecil berwarna putih nah ini dinamakan whiteheads, jerawat ini muncul ketika adanya perubahan hormon.
  2. Komedo hitam (blackheads). Nah, komedo ini merupakan salah satu jenis jerawat yang ujungnya berwarna hitam di permukaan kulit. Bestie, coba deh lihat di wajah kalian adakah komedo hitam yang terlihat? Jerawat yang warnanya hitam ini bukan disebabkan karena kotoran atau debu ya melainkan karena pigmen kulit yang meningkat. Jerawat ini disebabkan karena kita kurang menjaga kebersihan wajah atau minum obat-obatan tertentu. Nah bisa juga saat pandemi ini karena keseringan memakai masker maka hidung juga akan dipenuhi blackheads. Makanya yuk lebih rajin ganti maskernya.
  3. Papula. Papula ini merupakan benjolan jerawat pada kulit dan berwarna kemerahan. Penyebab jerawat ini adalah penyumbatan sel kulit mati bahkan komedo yang menumpuk sehingga memicu pembengkakan jerawat yang terasa nyeri dan kemerahan.
  4. Pustula. Jerawat yang muncul karena komedo yang meradang. Jerawat ini terlihat seperti benjolan besar dan merah dengan ujung kepala yang putih. Nah bestie duedewi, semasa kuliah saya dulu juga pernah mengalami kondisi kulit wajah yang berjerawat seperti ini, terutama di bagian hidung. Rasanya jangan ditanya lagi, yang pasti nyeri-nyeri sedeeppp haha. Untungnya cuma satu yang muncul dan saya juga bukan termasuk orang yang suka ngulak ngulik jerawat, karena ada rasa takut misalnya malah jerawatnya semakin meradang. Jadi cukup saya kasih obat jerawat di titik jerawat tersebut. Lama kelamaan jerawat akan kempes dan bekas jerawat juga akan memudar dengan sendirinya. Tidak instan memang, "Sabar adalah koenji".
  5. Nodul. Jerawat ini termasuk jenis jerawat yang memiliki peradangan cukup serius. Nah jerawat ni termasuk jenis jerawat dengan rasa nyeri yang cukup mengganggu karena peradangan yang terjadi sudah menembus lapisan kulit dalam. Jadi harus segera ditangani ya.
  6. Jerawat batu (kistik). Jerawat ini merupakan jenis jerawat yang diakitbatkan oleh penumpukan minyak dan sel mati pada jaringan kulit yang jauh di dalam folikel rambut. Nah biasanya jerawat ini timbul secara keroyokan. Kenapa ya kira-kira si jerawat datengnya keroyokan alias rame-rame padahal bukan tawuran or pasar malem lho haha. Karena jerawat ini dipengaruhi oleh infeksi bakteri di lapisan kulit teratas sehingga jika terjadi peradangan terlalu parah maka akan membentuk jerawat baru lagi dan lagi. Maka harus segera ditangani kalau tidak peradangan akan semakin parah dan menimbulkan nyeri yang cukup luar biasa.
  7. Jerawat pasir (bruntusan). Nah jerawat pasir ini merupakan jerawat kecil yang belum berkembang. Jerawat pasir ini memang umumnya tidak terlalu terlihat namun akan terasa jika disentuh. Penyebab jerawat ini biasanya disebabkan oleh iritasi akibat gesekan di kulit, tekanan pori-pori yang berlebihan, atau bahkan dikarenakan suhu udara yang terlalu panas.
Nah bestie duedewi termasuk pemilik jerawat jenis mana nih? Kalau saya akhir-akhir ini mengalami jerawat jenis pasir atau bruntusan di sekitar area dagu, pipi dan kening. Karena memakai hijab dan masker jadi terkadang terdapat jerawat di daerah gesekan hijab dan masker terutama di pipi dan dagu, walaupun tidak terlihat namun cukup mengganggu lho. Jerawat termasuk kotoran wajah yang mengganggu jadi harus kita bersihkan, salah satunya dengan menggunakan skincare khusus jerawat. Kita juga harus melakukan perawatan kulit secara rutin agar kulit menjadi lebih sehat. Namun tentunya hal ini membutuhkan proses dengan penuh kesabaran. Tapi jangan insecure, karena kulit berjerawat itu normal kok. Kita harus semangat dan pantang menyerah untuk mengatasi jerawat tersebut.


CARA MENGATASI JERAWAT

Pengobatan yang dilakukan untuk penyembuhan jerawat tentunya disesuaikan dengan kondisi jerawat itu sendiri (jenis jerawat, tingkat keparahan, dan letak jerawat).  Penyembuhan jerawat bisa dilakukan dengan menggunakan skincare khusus jerawat, obat minum, laser maupun pengobatan lainnya. Tentunya kita harus rajin menjaga kebersihan wajah dan tubuh agar dapat mengurangi munculnya jerawat tersebut. Kita juga harus menjaga kebersihan bantal yang kita pakai saat tidur. Selain itu kita juga harus memulainya dengan gaya hidup yang sehat misalnya dengan mengonsumsi makan sehat dan memanajemen stres dengan baik. Saya juga ikhtiar dengan menggunakan produk skincare khusus untuk kulit berjerawat yaitu Scarlett Whitening Acne Serum.


REVIEW SCARLETT WHITENING ACNE SERUM

Tentunya sudah tidak asing bagi kita untuk mengenal local brand yang satu ini yaitu Scarlett Whitening. Ini merupakan salah satu merek lokal dengan produk skincare dan bodycare yang dimilik oleh seorang Indonesian public figure yang bernama Felicya Angelista. Produk ini diproduksi secara umum dengan tujuan untuk mencerahkan kulit. Nah, ga tanggung-tanggung lagi si owner sekaligus fouder dari Scarlett Whitening ini juga berhasil menggaet aktor korea sebagai star ambassador yaitu Song Joong Ki, Omo !!! Keren banget !!! Sebagai kaum hawa tentunya saya juga ikut tergoda dengan produk ini, apalagi ini adalah produk lokal yang sudah terjamin keamanannya. Akhirnya saya mencoba salah satu produk serum yaitu Scarlett Whitening Acne Serum.

KOMPOSISI
Kandungan dari Scarlett Whitening Acne Serum yaitu Tea Tree Leaf Water, Salicylic Acid, Jeju Centella Asiatica, Liquorice Extract dan Vitamin C. Klaim manfaat dari kandungan tersebut yaitu :
  1. Merawat kulit yang berjerawat, karena kandungan Tea Tree Leaf Water yang bisa melawan bakteri penyebab jerawat serta bisa mengurangi bruntusan di wajah.
  2. Meremajakan kulit wajah, menjaga kelembaban kulit, dan mencegah peradangan dengan kandungan Jeju Centella Asiatica dan Salicylic Acid .
  3. Mengandung Vitamin C yang membantu menghilangkan flek bekas jerawat dan mencegah tanda penuaan dini.
  4. Menutrisi kulit, dapat menyerap minyak secara berlebihan dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan kandungan Liquorice Extra. 
KEMASAN
        

Kemasan dari Scarlett Whitening Acne Serum ini berupa botol yang terlihat mahal dan elegan. Botol dengan isi serum 15 ml terbuat dari akrilik yang tebal dan kokoh. Tutup botol ini dilengkapi dengan pipet sehingga pengaplikasian serum lebih mudah dan tetap higienis. Desainnya simple namun terlihat istimewa dengan lebih menyoroti kandungan utama dari serum dan cara penggunaannya (dalam bahasa Inggris). Namun tidak perlu khawatir, penjelasan cara penggunaannya juga dilengkapi dengan tulisan bahasa Indonesia, tentunya ini bertujuan untuk memperjelas informasi produk pada customer. Sebagai buyer saya pun cukup memahami product knowledge yang tertera pada kemasan produk tersebut

TEKSTUR, AROMA, DAN WARNA
Tekstur serum ini lebih cair daripada serum-serum yang saya gunakan sebelumnya. Biasanya serum lebih bertekstur seperti gel, sedangkan ini cenderung lebih cair. Karena teksur yang lebih cair sehingga warnanya yang putih menjadi cenderung bening. Aroma serum yang wangi seperti teh namun sangat soft sehingga terasa lebih nyaman dan tidak mengganggu.

DAYA SERAP
Daya serap Scarlett Whitening Acne Serum ini cukup tinggi. Setelah pengaplikasian, serum dengan cepat meresap ke wajah. Mungkin hanya butuh 5 detik untuk menyerap sempurna sehingga meminimalisir waktu untuk pengaplikasian skincare tahap selanjutnya.

HARGA
Harga dari serum ini yaitu Rp 75.000,00 (15 ml). Kalau menurut saya cukup ekonomis untuk produk skincare khususnya untuk produk serum.

CARA PEMAKAIAN
Cara pemakaiannya sudah tertera pada kemasan botol maupun pada kemasan kardus  yaitu dengan cara meneteskan 2-3 tetes serum, usap dan pijat secara perlahan sampai merata pada kulit wajah. Kemudian diamkan beberapa saat agar serum meresap ke kulit wajah. Pemakaian serum ini dianjurkan pada pagi dan malam hari. 

CARA PENYIMPANAN
Simpan di tempat yang sejuk dan kering. Hindari terkena sinar matahari langsung, kemudian jangan lupa untuk menutup rapat setelah digunakan.

KEAMANAN PRODUK
Keamanan dari semua produk Scarlett Whitening ini tidak perlu diragunkan lagi, tentunya sudah memiliki ijin dari BPOM. Kalian bisa membeli produk ini di Official Store Scarlett, namun produk ini juga bisa kamu dapatkan di reseller-reseller yang sudah menjamur di sekitar kita. Kalian tidak perlu khawatir dengan keaslian produknya, sebelum membeli kamu bisa mengecek kode verifikasi produk pada website resmi scarlettwhitening.com klik menu verifikasi dan isi form seperti berikut :


Kemudian isikan juga serial nomor yang berada di stiker glossy sebelah kanan dalam kemasan kardus. Kemudian cocokan nomor serial yang tertera dalam produkmu (stiker kiri) dengan dengan nomor serial dari website, jika produk yang kalian beli itu asli maka akan terlihat seperti berikut :



HASIL PEMAKAIAN
Kesan pertama setelah memakai serum ini yaitu wajah terasa segar dan tidak panas di kulit. Serum ini sangat cepat menyerap di kulit sehingga terasa ringan di wajah. Kulit terasa lebih halus, lebih cerah dan kelihatan ternutrisi. Bruntusan di wajah saya mulai kempes secara perlahan setelah pemakaian serum kurang lebih 3 sampai 4 minggu (serum sampai habis), dengan kondisi awal kulit wajah saya berjerawat pasir dan kering seperi berikut :


Memang bruntusan berkurang namun sayangnya tidak bisa menghilangkan komedo sehingga bruntusan kadang kala muncul kembali dan malah sedikit membuat wajah saya semakin kering. Bahkan kadang muncul satu jerawat besar. Komedo memang seharusnya dibersihkan, namun ekspektasi saya terhadap produk serum ini bahwa setidaknya bisa mengurangi munculnya komedo. Namun ternyata kurang efektif untuk urusan komedo hehe. But, overall baguslah untuk mengurangi jerawat bruntusan saya namun harus sabar dalam proses pemakaiannya, mungkin tidak cukup dengan hanya menghabiskan 1 botol serum saja.

KESIMPULAN
Scarlett  Whitening Acne Serum ini cukup efektif mengurangi jerawatan bruntusan di wajah saya, selain itu juga bisa mencerahkan kulit wajah. Pemakaian yang teratur bisa menjadikan tekstur wajah semakin halus. Scarlett  Whitening Acne Serum ini merupakan salah satu serum produk lokal yang cukup baik. Lalu apakah saya akan melakukan repurchase? Hmm sepertinya belum dulu karena serum ini kurang sesuai dengan kondisi kulit saya yang bertipe normal cenderung kering (saat pemakaian memang sedang bruntusan). Namun hal ini belum tentu sama dengan penilaian orang lain. Banyak kok orang lain yang cocok memakai serum ini, mungkin karena tipe kulit dan jerawat yang berbeda. Jadi memang harus pandai memilih skincare yang sesuai dengan tipe kulit wajah.



Terima kasih,
Semoga review ini bermanfaat untuk kalian semua bestie duedewi



Referensi :

Hellosehat.com. (2021). Jenis Jerawat dan Berbagai Macam Penyebabnya. Diperoleh tanggal 13 September 2021 dari https://hellosehat.com/penyakit-kulit/jerawat/jenis-jerawat/

Posting Komentar

0 Komentar