There are many stories

"Think Positive and Positive Think Will Happen"



Tips Mudah Menentukan Tipe Kulit Wajah


Hi, bestie duedewi kali ini saya akan sharing mengenai tips dalam menentukan tipe kulit wajah. Hal ini sangat berguna dalam pemilihan produk skincare maupun kosmetik yang kita gunakan sehari-hari. Pemilihan skincare tentunya tidak boleh sembarangan. Skincare yang dipilih harus sesuai dengan kondisi kulit masing-masing. Nah, sebelum membahas mengenai tips mengetahui tipe jenis wajah secara mudah maka kita perlu mengetahui ciri-ciri mengenai tipe-tipe kulit terlebih dahulu. Apakah bestie duedewi sudah mengetahui tipe kulit masing-masing? Sebagian pasti belum mengetahui tipe kulit kita sendiri. Yuk simak dulu beberapa tipe kulit berikut, kira-kira tipe kulit kalian apa?


APA TIPE KULITKU?

Ada 4 tipe kulit, diantaranya kulit sensitif, kulit normal, kulit kering, dan kulit kombinasi. Mari kita simak satu per satu ciri dari 4 tipe kulit tersebut :

1. Tipe Kulit Sensitif

Jafcare.com

Faktor genetik dan lingkungan merupakan pengaruh kulit menjadi sensitif. Kulit jenis ini sangat sensitif terhadap perubahan lingkungan, perawatan kulit, dan produk kosmetik. Kulit terlihat merah-merah akibat terjadinya iritasi (terlihat guratan-guratan urat wajah terutama di area pipi). Terkadang ada rasa panas atau gatal jika terkena krim atau make up. Kalau tidak merah maka biasanya mengandung minyak yang berlebih dan cenderung mudah berjerawat. Kalian yang memiliki kulit jenis sensitif harus lebih selektif dalam memilih kandungan produk skincare maupun make up.

2.  Tipe Kulit Normal

Jafcare.com

Tipe kulit normal cenderung tidak memiliki masalah. Kulit normal ini biasanya lebih halus dan elastis, jika dipegang juga terasa kenyal. Pori-pori juga cenderung normal/kecil. Kondisi kandungan minyak pada wajah juga seimbang. Selamat bagi kalian yang memiliki ciri-ciri kulit tesebut jadi tipe kulit kalian tergolong ke dalam kulit yang normal dengan sedikit masalah yang terjadi pada kulit.

3.  Tipe Kulit Kering

Jafcare.com

Bagi yang merasa kalau kulit terlihat belang, kasar, pecah-pecah, nah bisa dipastikan kalau kalian memiliki tipe kulit kering. Maka harus lebih ekstra memberikan kelembapan pada kulit. Apalagi saat udara kering karena kulit kering akan terkelupas di daerah dekat hidung dan mulut. Pori-pori kulit kering juga nampak halus. Karena kandungan minyak yang sangat sedikit bahkan tidak terlihat maka nampak juga garis-garis halus pada wajah (keriput). Kulit juga terasa sangat kering dan kencang terkadang juga terasa gatal.

4.  Tipe Kulit Kombinasi

Jafcare.com

Kalian yang memiliki memiliki tipe kulit ini pasti merasa lengket di bagian wajah tertentu. Karena biasanya memiliki kandungan minyak yang tidak merata. 
Kulit kombinasi lebih berminyak pada daerah T yaitu dahi, hidung dan dagu. Namun terasa kering di bagian pipi. Kondisi kulit juga cenderung berubah-ubah terkadang ada jerawat namun terkadang juga kering. Kulit dengan wajah kombinasi ini membutuhkan perawatan yang tepat.


BAGAIMANA TIPS MUDAH MENENTUKAN TIPE KULIT?

Nah dari analisis dan ciri-ciri tipe kulit di atas, apakah kalian sudah bisa mengetahui tipe kulit kalian? Pasti ada beberapa gambaran mengenai tipe kulit kalian sendiri. Jika kalian masih merasa bingung dan belum pasti dalam menentukan tipe kulit, kalian bisa mencoba beberapa Tips Mudah Menentukan Tipe Kulit Wajah berikut :

  1. Lakukan pada malam hari sebelum tidur. Karena tidur merupakan waktu untuk pengistirahatan kulit. Malam hari merupakan waktu terbaik untuk peresapan produk skincare pada wajah sehingga dapat memperbaiki kerusakan kulit akibat polusi maupun stres yang terjadi pada siang hari. Namun pada tips menentukan tipe kulit ini jangan menggunakan skincare terlebih dahulu.
  2. Cuci wajah dengan menggunakan air biasa dengan bersih. Ingat jangan menggunakan produk skincare apapun (seperti : facial foam, dsb). 
  3. Setelah itu pastikan wajah tidak terkena krim malam atau skincare apapun, biarkan wajah bersih tanpa perawatan apapun. Karena yang kita lakukan adalah untuk menentukan jenis kulit, jadi sebisa mungkin hindari penggunanaan skincare.
  4. Nah, saat bangun tidur di pagi hari, sebelum mencuci muka coba perhatikan wajah, apakah cenderung kering atau berminyak. Kalian bisa menggunakan oil face paper untuk mengetahui daerah wajah mana saja yang cenderung berminyak atau kering. Jika kulit kalian terasa kencang dan kering maka bisa dipastikan kulit yang kalian punya adalah tipe kulit kering.
  5. Dari kulit yang terlihat setelah bangun tidur tersebut, kalian bisa menganalisis ke dalam 4 tipe kulit wajah di atas. Apakah kulit kalian termasuk ke dalam tipe kulit sensitif, tipe kulit normal, tipe kulit kering ataupun tipe kulit kombinasi.

Dengan demikian kalian akan mengetahui tipe kulit yang kalian punya secara mudah. Penentuan tipe kulit ini sangat penting dalam pemilihan jenis produk skincare atau make up yang akan kita gunakan, agar tidak salah memilih skincare. Karena jika kita salah memilih skincare maka akan berakibat buruk pada kulit wajah. So tentukan tipe kulitmu dari sekarang berdasarkan analisis dan tips penjelasan di atas. 

Love yourself, love your skin !

Semoga bermanfaat :) 

Posting Komentar

0 Komentar