There are many stories

"Think Positive and Positive Think Will Happen"



Wedding Plan : Efisien, Kenapa Tidak?



Menikah adalah suatu moment yang sakral dan membahagiakan. Tangis haru bahagia dan deg-deg an kala mempelai laki-laki mengucap janji suci di depan penghulu dan disaksikan para wali serta keluarga besar. Pernikahan adalah suatu momen yang ingin dirasakan setiap manusia. Karena momen ini begitu indah maka banyak orang yang menyelenggarakan acara pernikahannya dengan begitu meriah. Tapi beberapa orang juga beranggapan bahwa momen menikah adalah momen sakral yang tidak perlu dihadiri banyak tamu undangan, melainkan cukup dengan kehadiran keluarga saja. Setiap orang pasti memiliki wedding plan yang berbeda-beda. Sebenarnya apa sih yang penting disiapkan dalam pernikahan yang efisien tidak banyak menguras tabungan. Yuk kita bahas :
  1. Fisik dan Psikis. Sebelum memutuskan untuk menikah kamu pasti sudah menyiapkan kesiapan diri secara fisik maupun psikis. Biasanya ada juga sekolah pra nikah yang diselenggarakan organisasi-organisasi tertentu, kegiatan ini akan membantu kita untuk memperoleh bekal ilmu sebelum menikah, jadi kamu tidak akan kaget bagaimana nanti kehidupan setelah menikah. Hal ini tentu akan berbeda saat kamu masih lajang ya. Persiapan fisik yang bisa kamu lakukan adalah olahraga teratur dan minum air putih yang banyak. Ingat, jangan terlalu lelah dan stres, karena pikiran stres akan memengaruhi kondisi fisik kamu. Jangan lupa juga suntik TT (tetanus toksoid), biasanya suntik ini diwajibkan bagi calon mempelai perempuan yang akan melangsungkan pernikahannya. Suntik ini bermanfaat untuk mencegah infeksi yang disebakan oleh tetanus, tenang suntik ini halal kok. Calon mempelai perempuan bisa melakukan suntik TT sekitar 1 sampai 2 bulan sebelum pernikahan berlangsung.
  2. Surat ijin menikah. Surat ijin menikah ini sifatnya sangat penting, karena kalau tidak ada surat-surat resmi dari KUA maka pernikahan kalian tidak akan tercatat dalam kantor KUA (otomatis tidak diakui negara). Maka dari itu harus diprioritaskan diantara yang lainnya. Kalian bisa mengurus surat menikah ini mulai H-3 bulan sebelum hari pernikahan. Jangan sampai mendadak, karena terkadang ada data yang salah dan perlu dilengkapi lagi kamu harus bolak-balik kekantor KUA setempat). Jadi, harus disiapkan jauh-jauh hari.
  3. Mahar. Mahar atau mas kawin adalah harta yang diberikan oleh pihak mempelai laki-laki (atau keluarganya) kepada mempelai perempuan (atau keluarga dari mempelai perempuan) pada saat pernikahan (sumber: wikipedia.org). Mahar itu pemberian jadi pihak perempuan harus ikhlas diberi oleh pihak laki-laki. Akan tetapi di dalam Islam pihak perempuan juga diperbolehkan untuk menentukan besarnya mahar yang diminta dari pihak laki-laki, mahar terbaik yang diajukan oleh pihak perempuan yaitu yang tidak memberatkan pihak laki-laki. Sedangkan dari pihak laki-laki harus memberikan mahar terbaik untuk pihak perempuan. Jadi bisa saling menyesuaikan. Mahar bisa disiapkan jauh sebelum hari H, karena biasanya mahar berupa barang yang awet atau masa ekonomisnya lebih dari satu tahu.
  4. Vendor yang tepat
    Bagaimana cara memilih vendor yang tepat? Caranya pilih sesuai dengan tema dan budget yang kalian punya. Berangan-angan nikah bak princess yang maju mundur cantik tapi tabungan tidak mecukupi. Intinya, tidak perlu dipaksain kalau budget kamu tidak cukup. Ada beberapa tips untuk mengefisienkan acara wedding kalian agar tetap meriah.
    PertamaTema. Misalnya kamu akan memakai konsep jawa atau modern dsb. Setelah itu kalian baru bisa cari vendor-vendor yang sesuai.
    KeduaMUA dan dekorasi
    Semahal apapun jasa MUA yang kamu gunakan akan percuma, kalau pada akhirnya membuat tabungan kalian terkuras bahkan sampai minus untuk masa depan pernikahan. Jadi, pilih jasa MUA yang sesuai dengan budget. Tenang, bagus tidaknya hasil MUA itu juga tergantung dari fotografer yang kamu pakai. Dekorasi yang kalian inginkan juga bisa disesuaikan dengan tema pernikahan. Biasanya ada beberapa MUA yang memiliki dekorasi, jadi kamu bisa langsung booking sekaligus, tentunya bisa lebih menghemat anggaranmu.
    KetigaFotografer
    Nah ini hal yang tidak kalah penting juga, coba mencari fotografer yang modern dan mengikuti perkembangan jaman. Kamu bisa cek hasil cepretannya di media sosial mereka, misal di instagram atau fb. Dari hasil jepretannya kita bisa melihat bagaimana angle dan editan yang dihasilkan. Kalian bisa memakai fotografer yang sudah kalian kenal juga, pasti harga lebih miring.
    KeempatLokasi dan konsep acara
    Kalau kalian punya halaman yang luas, maka bisa dijadikan lokasi resepsi, ini bisa menekan budget. Namun jika halaman rumah yang kalian punya tidak terlalu luas sebenarnya tidak masalah, kalian tinggal menentukan konsep acara yang tepat agar tamu kalian merasa nyaman. Misalnya kalian mempunya halaman luas maka gunakan konsep resepsi piring terbang, jadi tamu undangan merasa lebih nyaman untuk menikmati prosesi pernikahan. Tetapi kalau halaman kalian tidak mencukupi untuk konsep piring terbang, bisa langsung pilih konsep prasmanan "standing party". Jadi, semua harus desesuaikan dengan kondisi dan situasi.
    KelimaChatering/hidangan
    Hidangan yang disajikan tidak harus banyak dan mahal terpenting adalah pantas dan enak. Kalau orang jawa bilang "patut" untuk dihidangkan untuk para tamu kalian. Ingat yang pantas tidak harus mahal :)
    KeenamHantaran pernikahan
    Hmmm untuk hantaran pernikahan lebih baik disesuaikan dengan budget. Seserahan bermakna sebagai hadiah, bukan kewajiban seperti mahar. Jadi jika kamu sebagai mempelai perempuan, kamu harus memilih hantaran sesuai dengan kebutuhanmu dan tentunya sesuai dengan budget dari pasanganmu. Kalau kamu bisa menghias sendiri hantaran tersebut tentunya akan lebih menghemat biaya untuk jasa hias hantaran.
    KetujuhUndangan pernikahan
    Undangan pernikahan berfungsi sebagai pemberitahuan kepada seseorang dan mengharapkan tamu yang diundangan tersebut datang ke pernikahan kita. Jadi, fokus saja pada fungsi inti dari undangan yaitu untuk pemberitahuan. Kalian bisa memilih undangan dengan harga yang tidak terlalu mahal karena biasanya setelah itu undangan akan dibuang sia-sia. Jadi memilih undangan dengan harga yang standar akan meminimalkan pengeluaran kalian, selain itu kalian juga bisa memilih desain undangan yang simple, elegan tapi bernilai guna lebih. Misalnya desain undangan dengan kalender, figura kertas dan sebagainya. Kalian bisa lebih meminimalisir budget undangan jika kalian bisa mendesain undangan sendiri, jadi kalian hanya perlu datang dan mencetak undangan ke tempat percetakan undangan.
    KedelapanSouvenir
    Memilih souvenir yang tepat bisa meminimalisir wedding budget kalian juga. Kalian bisa memilih souvenir yang memiliki kebermanfaatan yang tinggi namun dengan harga standar.

    Beberapa tips diatas dapat kalian gunakan unthk merencanakan pernikahan dengan efisien dari mulai surat-surat hingga acara pernikahan. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

2 Komentar