Resensi Buku "Jurus Jitu Menulis Kreatif" karya Ipnu R. Noegroho

IDENTITAS BUKU

INTISARI/ SINOPSIS BUKU


Sinopsis dari buku ini tentang bagaimana cara seorang penulis pemula bisa mengolah kata-kata dengan mudah menjadi sebuah tulisan yang indah. Apa saja cara-cara yang dilakukan untuk membuka pikiran dengan adanya keterbatasan yang dimiliki seorang penulis. Hal yang menarik ketika penulis mengulas mengenai bagaimana menulis dengan hati dan pikiran, karena ketika kita menulis dengan hati dan pikiran maka tulisan yang kita hasilkan akan sampai ke hati pembaca. Kemudian pembaca akan menyukai gaya penulisan kita pada karya yang kita hasilkan. Buku ini memuat tentang cara menulis kreatif secara lengkap, banyak tips yang disajikan jadi sangat cocok pembaca yang ingin belajar menulis dengan kreatif.

KEPENGARANGAN/ BIOGRAFI 

PENGARANG

Latar Belakang Penulis. Ipnu R. Noegroho adalah penulis yang lahir di Bantul pada tanggal 12 Februari 1982. Ia ingin mendedikasikan hidupnya di dunia kepenulisan. Ia sangat gemar membaca buku sehingga Ia merasa tertantang untuk menulis buku, awal karier sebagai penulis ini justru Ia peroleh dengan tidak sengaja. Berawal dari mengirim tulisan cerpen ke radio kemudian ke majalah dan kemudian beberapa kali berhasil menerbitkan buku solo.
Keahlian. Penulis.
Prestasi. Banyak buku yang berhasil dipublikasi seperti buku berjudul: Keajaiban Bangun pagi (2013), Menjadi Penulis Kreatif (2014), Gua Mah Jomblo Aja (2016), Sampai Jumpa di Surga (2017), Berlapang Dada, Berbesar Hati (2017), Doa yang Terucap, Hati yang Berharap (2017), Muslim Jaman Now (2018), Jangan Marah (2020), Selamat Tinggal Jogja (2021), Sesungguhnya Berpura-pura itu Menyakitkan (2022), dll.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BUKU


  • Kelebihan. Buku ini memuat tips-tips mudah dalam menulis. Tips-tips yang diuraikan sangat rinci dan penulis juga memberikan contoh seperti pengalaman nyata dari beberapa penulis yang sudah berpengalaman di bidangnya. Bagi seseorang yang ingin belajar menulis, buku ini sangat cocok digunakan sebagai panduan menulis. Bahasa yang digunakan sangat ringan dan mudah dipahami. Selain menguraikan tips mengenai menulis dengan mudah dan terbuka (baik untuk tulisan fiksi maupun non fiksi). Penulis juga memberikan motivasi pada pembaca (penulis pemula) mengenai pernyataan “nothing perfect in the world”. Kalau kita gagal dalam menulis, kita harus coba lagi dan coba lagi sampai berhasil. Kita harus memanfaatkan kegagalan tersebut sebagai peluang untuk belajar. Font yang digunakan dalam buku ini variatif namun tetap memudahkan pembaca sehingga pembaca tetap fokus dalam memahami buku. Berisi beberapa bab dengan masing-masing bab terdapat banyak sub bab yang diuraikan secara rinci dengan ringkasan penjelasan yang cukup simple. Sehingga dengan membaca satu buku ini banyak ilmu yang bisa pembaca serap "paket komplit". Pemilihan judul pada sub bab juga sangat menarik sehingga menggugah rasa ingin tahu pembaca.
  • Kekurangan. Dilengkapi ilustrasi gambar pada beberapa halaman, hal ini agak sedikit menganggu pembaca karena gambar yang disajikan tidak relate dengan topik tulisan pada bab. Beberapa halaman pada buku yang saya miliki ini hilang (sekitar 5 halaman, halaman yang hilang 124-128). Hal ini cukup disayangkan karena kemungkinan besar kesalahan dari percetakan buku. Ini dapat memengaruhi pemahaman pembaca yang menjadi terputus pada halaman yang hilang tersebut. Pada buku dilengkapi dengan contoh narasi jenis-jenis cerita fiksi dan sebagainya. Contoh narasi tersebut dicetak pada warna yang berbeda namun cukup mengganggu karena terdapat garis yang justru menabrak tulisan, sekali lagi ini kemungkinan besar kesalahan pada percetakan. Jadi untuk perbaikan, seharusnya memeriksa hasil percetakan dengan lebih baik lagi.

POIN PENTING
Pada buku ini terdapat beberapa bab yang masing-masing bab nya memuat beberapa sub bab lagi, bisa dilihat dari daftar isi yang tertera dalam buku ini. Ada beberapa poin penting yang bisa digaris bawahi dari buku ini, yaitu sebagai berikut:
  • Menulis itu Mudah, Semua Orang Bisa Menulis. Penulis memberikan banyak tips untuk penulis pemula. Bagaimana cara memotivasi penulis supaya tetap bersemangat untuk menulis, misalnya memberikan pemahaman bahwa sebenarnya menulis itu mudah. Semua orang bisa menulis tidak hanya yang berpendidikan tinggi saja atau tidak hanya untuk profesi tertentu saja, namun menulis juga bisa dilakukan oleh semua profesi. Salah satu contoh nyata pada buku ini yaitu ada seorang tukang becak di Yogyakarta yang mampu menulis buku solonya. Wow keren !!! Semakin tertantang dong, kalau orang lain bisa menulis, harusnya kita sendiri juga bisa. Pada bab ini juga diuraikan mengenai manfaat menulis yang sangat luar biasa, diantaranya sebagai terapi kesehatan mental. Diuraikan pula mengenai bakat dan minat pada diri kita. Banyak sub menarik dari buku yang sayang begitu saja.
  • Menulis dengan Pikiran Terbuka. Open Your Mind” ini merupakan judul pertama dalam bab ini, tentunya membuat pembaca menjadi tak sabar untuk segera membaca. Ya jika kita ingin menjadi seorang penulis kita harus membuka pikiran kita selebar mungkin. Jangan membatasi pikiran kita sendiri. Jangan menjadi penulis dengan pemikiran yang obyektif, nanti akan berpengaruh terhadap hasil karya kita yang terkesan kaku. Jika ingin menjadi penulis jangan memiliki pikiran yang fanatik sempit pada suatu hal. Tulislah dengan hati, dengan demikian tulisan yang kita hasilkan pasti memiliki value tersendiri di hati pembaca. Tenang, menulis itu bukan bakat tapi sebuah keterampilan. Semakin kita mengasahnya semakin akan tajam keterampilan menulis yang kita miliki. Pada kegiatan menulis kita harus disiplin untuk belajar dan belajar, menulis dan menulis, karena kalau tidak disiplin pasti hasilnya tidak akan maksimal. Kita harus memaksa apa yang semestinya dipaksakan supaya kita berhasil. Sebut saja disini disiplin, disiplin harus dipaksakan, disiplin adalah harga mati bagi penulis.
  • Thanks For The Idea. Diuraikan mengenai bagaimana cara menggali ide, ketika ide stuck maka kita bisa memulai memikirkan bagaimana supaya ide tersebut kembali lagi. Istirahatlah sejenak kemudian kembalilah untuk menulis. Kita tahu bahwa ide itu sangat penting bagi semua penulis, maka dari itu pada buku ini juga disajikan beberapa cara untuk mengembangkan ide. Misalnya dengan mencatat ide kemudian membuat draft tulisan dari ide dan seterusnya *bisa baca pada buku ini. Disajikan juga beberapa metode dalam pengembangan ide misalnya dengan metode ellips (mind mapping).
  • Menulis Non Fiksi. Isi pada bab ini berupa bagaimana cara menyukai dan memulai tulisan dengan genre non fiksi. Disajikan beberapa alasan mengapa seseorang bisa menyukai tulisan non fiksi, salah satunya yaitu karena tema buku non fiksi itu lebih spesifik. Dikenalkan pula mengenai macam-macam tulisan non fiksi dan tips menulis buku non fiksi.
  • Menulis Fiksi. Seorang penulis yang ingin menulis buku fiksi harus memiliki imajinasi yang luas dan mampu mengembangkan idenya dari segala sudut. Banyak sub bab yang disajikan dalam bab fiksi ini. Seperti jenis-jenis dan unsur-unsur karya fiksi. Diberikan tips pula untuk menulis novel untuk penulis pemula, cara membuat ending cerita yang menarik. Selain novel juga diberikan tips mengenai penulisan cerpen. Bagaimana mendalami karakter dalam cerita, mempercantik cerita, sampai dengan tips membuat karya menjadi best seller.
  • Tak Ada Gading yang Tak Retak. Tidak ada yang sempurna di dunia ini, yang sempurna adalah Tuhan. Banyak penulis yang mengalami kegagalan, ditolak naskahnya berkali-kali tapi setelah melakukan perbaikan secara konsisten kemudian karyanya menjadi karya yang best seller. Jadi pada intinya semua ada di tangan kita. Kita harus banyak belajar dari kegagalan yang kita alami.
Kegagalan bukanlah akhir dari segalanya, tapi sebuah proses dalam menuju keberhasilan (hlm. 213)

KESIMPULAN

  • Kritik dan Saran. Pesan dalam buku yang disajikan oleh penulis untuk pembaca tersampaikan dengan baik, karena bahasa yang digunakan ringan sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Tips atau cara-cara yang diberikan cukup banyak dan mudah dipahami untuk penulis pemula. Bisa diperbaiki untuk masalah percetakan karena ini merugikan pembaca karena buku yang dibeli menjadi tidak lengkap.
  • Rekomendasi. Sangat direkomendasikan untuk pembaca yang ingin belajar menulis, karena dilengkapi dengan berbagai contoh masalah yang biasanya dihadapi penulisan juga diberikan solusi dari permasalahan tersebut.

Jika kita gigih memperbaiki kesalahan-kesalahan maka suatu saat kita akan mendapatkan keberhasilan, percaya pada diri bahwa kita bisa jika kita terus berusaha. Lelah boleh, istirahat sejenak, kemudian bangkit lagi. Tidak melupakan pembelajaran yang diperoleh dari kaca spion bahwa pemandangan belakang itu hanya sedikit yang bisa kita lihat, namun kita lebih banyak melihat pemandangan depan atau masa depan. Semangat meraih masa depan yang lebih baik.

Salam literasi, sukses untuk karya tulisan kita!

 

Referensi:
Gramedia. (2022). Sesungguhnya Berpura-pura Dicintai Itu Menyakitkan. Diakses pada tanggal 29 Juni 2024 dari https://www.gramedia.com/products/sesungguhnya-berpura-pura-dicintai-itu-menyakitkan-hal-hal.


Dewi Tinjung Sari
• Education • Authorship • Lifestyle • Seorang pebelajar yang memiliki hobi menulis. Penawaran kerjasama dan sejenisnya bisa menghubungi saya pada halaman contact. Terima Kasih.
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar