There are many stories

"Think Positive and Positive Think Will Happen"



Tips Kunci Utama : Sayur Lodeh Terong Sedap "Tempe Semangit bikin Menggigit"

Bagi chef pemula, yuk bereksperimen memasak sayur kuah santan. Memasak, kalau dibilang hobi bukan juga. Kalau dibilang bisa masak, iya bisa, tapi tidak terlalu ahli seperti ala chef chef haha. Jadi saya memasak berdasarkan mood, secara mumpung di rumah bisa mencoba ekseprimen sendiri, kalau di kosan tidak ada dapur hehe. Nah, hari ini saya lagi pengen banget masak yang lumayan sulit bagi saya yang notebene mahasiswa kosan jarang masak sendiri. Saya akan mencoba memasak sayur lodeh terong. Ini adalah eksperimen pertama untuk masak yang berkuah santan. Biasanya aku suka masak yang kering-kering, seperti tumis-tumisan saja. Ya, karena dulu saya kurang menyukai masakan yang bersantan tapi akhirnya suka juga masakan kuah santan dan ingin mencoba masak sendiri.

Alhamdulillah, eksperimen pertama berhasil, ini yang dibilang sayur lodeh terong, “Hmmm So, yummy, tidak bohong” (haha PD, tapi ini review jujur). Menurut komentar Ibu “Hmm enak banget, seperti masakan budhe “enak pedes manis”. Sipp cocok dengan lidah saya yang menyukai masakan pedas. Apalagi sayur lodeh terong ditambah pake lauk ikan asin “gerih”, wah mantab deh ! 
Gambar : Sayur lodeh terong siap saji 

Nah, saya akan membagikan resep dan tips bagi yang ingin memasak sayur bersantan, yaitu sayur lodeh terong. Resep ini bagi pemula yang ingin belajar masak saja ya, kalau untuk yang sudah jago masak, wah jangan ditanya lagi pasti sudah tahu resep-resepnya. Siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, seperti berikut: (untuk 3-5 porsi)
  • 1 buah terong (ukuran besar) atau 2 buah terong panjang (terong hijau atau terong ungu) 
  • 4 helai kacang panjang 
  • 3 batang daun bawang 
  • 3 lembar daun salam 
  • 1 ruas lengkuas 
  • 7 siung bawang merah 
  • 3 siung bawang putih 
  • 2 cabe merah besar 
  • 10 cabe rawit merah 
  • 5 cabe rawit hijau 
  • 400 ml santan kelapa 
  • Garam dan gula secukupnya 
  • Air secukupnya 
  • Minyak goreng secukupnya 
  • Sedikit tempe semangit (jika suka) 
Langkah pertama: 
  1. Haluskan bahan seperti 10 cabe rawit merah, 2 cabe merah besar, 7 siung bawang merah, dan 3 siung bawang putih. Kemudian haluskan pula tempe semangit ke dalam bumbu tersebut. 
  2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tersebut beserta lengkuas dan daun salam dengan sedikit minyak sampai harum. 
  3. Tambahkan 150 ml air tunggu sampai mendidih, kemudian masukkan terong dan kacang panjang yang sudah diris-iris, dan juga 5 cabe rawit hijau yang dipotong menjadi 2 bagian. Aduk dan biarkan sampai terong dan kacang panjang tersebut matang. 
  4. Setelah itu, masukkan irisan daun bawang dan 400 ml air santan kelapa. Tambahkan garam dan gula secukupnya dan tunggu hingga mendidih. 
  5. Sayur lodeh terong siap disajikan.
Nah, itu beberapa bahan dan step bagaimana cara memasak sayur lodeh terong ala saya. Menurut saya ada "tips kunci utama" agar rasa sayur lodeh terong sedap, yaitu : 
  1. Pertama, rasa enak itu terletak pada kematangan bumbu yang ditumis terlebih dahulu. Eits bagi yang tidak suka ditumis dengan minyak, jangan salah ya, sayur ini juga bisa kok langsung direbus tanpa ditumis terlebih dahulu, tapi percaya deh kalau bumbu ditumis dahulu pasti lebih mantab, tapi ingat ya minyaknya sedikit saja kalau perlu gunakan minyak zaitun yang lebih sehat. 
  2. Kedua, yang tidak kalah penting yaitu dengan adanya campuran tempe semangit atau biasanya disebut “tempe busuk” nah ini yang membuat masakan jadi tambah manteb. Terkadang ada beberapa orang yang tidak suka bau tempe semangit, namun ini justru akan menambah citra rasa dari masakan sayur lodeh terong lho. Sehingga sayur lodeh terong kamu semakin sedap menggigit haha.
  3. Ketiga, biasakan untuk tidak menggunakan penyedap masakan buatan dalam merk apapun, gunakan bahan-bahan yang ada di sekitar, seperti: lengkuas, daun salam, dan tempe semangit. Itu sudah cukup untuk membuat masakan sayur lodeh terong menjadi sedap. 
Okey, silakan mencoba ! Happy cooking !

Posting Komentar

0 Komentar